Tol Soroja Terpaksa Dipergunakan untuk Fasilitas Atlet

bandungekspres.co.id, SOREANG – Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) belum selesai. Namun akan dipaksakan dipergunakan untuk memfasilitasi para atlet dan ofisial yang akan bertanding di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jabar 2016. Penggunaan jalan tersebut hanya akan dilalui oleh atlet dan ofisial.

Bupati Bandung Dadang M Naser mengatakan, jalan Tol Soroja akan tetap dipergunakan dalam keadaan darurat untuk menghindari macet di jalur Kopo sampai Soreang. Namun hanya untuk atlet dan ofisial saja. Sedangkan untuk masyarakat umum belum bisa dipergunakan.

”Karena masih dalam proses pembangunan, atlet dan ofisial yang akan menggunakan jalur ini juga hanya diperbolehkan pada siang hari. Terutama saat akan kembali ke tempat penginapan mereka di Kota Bandung siang atau sorenya. Sedangkan untuk menuju ke venue di komplek olahraga Stadion Si Jalak Harupat disarankan melalui Jalan Raya Kopo-Katapang-Soreang,” kata Dadang usai melakukan pemantauan di lokasi pembangunan Tol Soroja kemarin (14/9).

Selain itu, lanjut Dadang, saat akan melalui jalur Tol Soroja ini, disarankan untuk memerhatikan cuaca juga. Karena di beberapa titik, memang ada yang masih labil. Apalagi kalau saat hujan. Selain itu, lebih baik pakai kendaraan kecil, jangan pakai bus kalau mau lewat jalan Tol Soroja.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kepolisian Polda Jabar serta Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung. Selain untuk memetakan jalur yang dilalui oleh para kontingen, sekaligus untuk pengawalan rombongan atlet dan ofisial. Karena akses keluar dari Jalan Tol Soroja ini langsung menuju pintu tol. ”Memang harus dikawal oleh Polisi atau Dishub, agar tidak dikawal nanti sulit membedakan antara atlet dengan masyarakat biasa,” ucapnya.

Dia pun mengungkapkan, kesiapan PON di wilayah Kabupaten Bandung,  telah mencapai 100 persen. Bahkan, kemarin telah dimulai pertandingan untuk cabang olahraga polo air. Selain venue, penataan kawasan komplek olahraga Stadion Si Jalak Harupat pun telah rampung. Termasuk penataan kawasan Ibu Kota Soreang, dalam waktu dekat ini akan selesainya. ”Sudah beres semuanya, pemasangan tribun barat dan timur di kolam renang juga sudah selesai. Jadi semuanya sudah siap digunakan,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan