Tingkatkan Kebersihan Pasar! Kota Cirebon Sabet Juara 1

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Kota Cirebon berhasil meraih juara 1 kategori pasar besar dalam Festival Pasar Rakyat. Juara 2 diraih Kabupaten Kuningan, sedangkan juara 3 Kota Tasikmalaya.

Sedang kategori pasar kecil juara 1 diraih Kabupaten Bogor, juara 2 Kota Depok, juara 3 Kabupaten Cirebon.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan yang membuka Festival Pasar Rakyat di halaman parkir barat Gedung Sate Bandung itu mengatakan, lomba pasar sehat dan festival pasar rakyat merupakan agenda Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Barat.

Menurut dia, adanya lomba ini untuk menyadarkan kembali adanya keberadaan pasar rakyat kini mulai tergerus dengan adanya pasar modern.

”Saya harap dengan adanya kompetisi pasar rakyat ini bisa kembali menarik minat konsumen untuk membeli di pasar rakyat,” katanya, kemarin.

Pria yang akrab disapa Aher ini mengatakan, Jabar harus memiliki kegairahan baru dalam menjalankan usahanya. Salah satunya, dengan cara pembenahan lingkungan.

”Itu syarat mutlak yang harus dilakukan. Yakni citra kebersihan, ketertiban dan keamanan (K3) sebagai daya tarik utama dalam menggaet konsumen,” ungkapnya.

Aher menegaskan, meningkatnya persaingan dengan pasar modern atau minimarket sudah di tataran wilayah perkampungan. Dengan kondisi itu, maka tak salah jika semakin banyak masyarakat malas untuk berbelanja di pasar rakyat.

“Selain kondisi pasar yang kurang tertata rapih. Perbedaan harga juga menjadi salah satu yang menyebabkan masyarakat enggan berbelanja di pasar rakyat,” tegas Aher. (dn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan