Timnas U-19 Hengkang ke Jogja

44
U19
WAHYUDIN/JAWAPOS
FISIK: Pemain melakukan seleksi awal di lapangan timnas di Sawangan, Depok.

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Masa persiapan timnas U-19 di Jakarta bakal tidak berlangsung lama. Sebab, pada pekan pertama Agustus nanti, Eduard Tjong berencana untuk memindahkan lokasi persiapan skuad Garuda Muda –julukan Timnas U-19– tersebut ke Jogjakarta. Di Kota Gudeg itu, Stadion Internasional Maguwoharjo akan menjadi venue pemusatan latihan.

Nah, pemindahan lokasi latihan tersebut akan dimulai pada 8 Agustus mendatang. Itu setelah tim yang diproyeksikan untuk berlaga di Piala AFF U-19 itu menggelar latih tanding melawan tim asal Pusat Pendidikan dan Latihan Mahasiswa (PPLM) di Jakarta pada 7 Agustus nanti. “Setelah ujicoba kami langsung boyongan ke Jogja,” kata pria yang akrab disapa Edu itu.

Pelatih yang juga mantan pemain tim nasional itu mengungkapkan, salah satu alasan dia harus memindahkan lokasi latihan dari ibukota tersebut, karena ingin mencari atmosfer latihan yang lebih fresh dan jauh dari kebisingan ibukota. Selain itu, selama di Jogja, dia berharap ada tekanan dari penonton setiap kali mereka menggelar ujicoba di sana.

ads

Memang, selama masa persiapan, Edu sudah memogramkan tujuh jadwal latih tanding untuk tim besutannya itu. Lawan tanding itu mayoritas berasal dari tim-tim lokal serta satu kali ujicoba internasional melawan timnas U-19 Filipina. Rencananya agenda melawan tim asal negeri Jiran itu akan dilakukan di pertengahan Agustus mendatang

“Untuk tim-tim lokal, kami akan mencari lawan dari sekitaran Jogja dan Jawa Tengah. Saya dengar di sana ada banyak tim-tim muda yang memiliki kualitas bagus,” terangnya. “Kalau bermain melawan tim lokal di sana, dan banyak penonton juga ikut hadir memberikan tekanan, maka secara otomatis itu akan baik untuk menguatkan mental pemain,” tegasnya.

Tapi, sebelum berangkat ke Jogja nanti, Edu menegaskan bawa dia akan mengerucutkan jumlah pemain yang saat ini mengikuti seleksi, 40 pemain menjadi 25 pemain. Artinya, pemain-pemain yang dia boyong ke Jogja tersebut adalah mereka yang benar-benar sudah memiliki kualitas untuk memperkuat timnas.

Sekjen PSSI, Azwan Karim menambahkan, sejatinya mereka sudah mengirimkan permohonan permintaan ujicoba untuk timnas U-19 itu ke tiga negara. Selain Filipina, ada juga Malaysia dan Singapura. “Hanya saja, yang baru memberikan respon kepada kami adalah Filipina,” kata Azwan di kantor PSSI, sore kemarin. (ben/vil)

~ads~

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.