Tim Redaksi Tentukan 5 Kontestan untuk Mengikuti National Challenge ke Surabaya

bandungekspres.co.id, KIARACONDONG – Sebanyak 20 member Zetizen mengikuti seleksi National Challenge tingkat Provinsi Jawa Barat di Kantor Harian Umum Jabar Ekspres, Jalan Soekarno Hatta 627, Kota Bandung, kemarin (23/9). Ke-20 kontestan ini merupakan pilihan dari ratusan member Zetizen se-Jawa Barat yang sebelumnya meng-upload foto aksi positif mereka.

Dari seleksi tersebut, akan dipilih sebanyak lima kontestan yang akan maju ke tingkat nasional di Surabaya. Rencananya, hasil seleksi tingkat Jabar akan diumumkan pada 1 Oktober mendatang.

Pada seleksi National Challenge tingkat Kota Bandung, masing-masing kontestan mempresentasikan gambaran foto aksi positif yang telah dilakukannya di hadapan kontestan lain. Setelah itu, juri dari Jabar Ekspres mewawancarai peserta tentang motivasi, pengalaman hingga rencana-rencana yang akan dilakukan peserta.

Juri seleksi National Challenge tingkat Kota Bandung Ahmad Taofik mengatakan, secara keseluruhan para kontestan memiliki potensi yang sangat bagus. ”Peserta terdiri dari pelajar SMP, SMA hingga kuliah. Uniknya, pelajar SMP yang ikut seleksi pemaparannya cukup sempurna dan memiliki visi yang bagus,” ujar Ahmad kemarin.

Menurut dia, tema yang diangkat para kontestan sangat bervariatif. Mulai dari pendidikan, kesehatan, sosial, kesenian hingga kebudayaan. Kontestan menunjukan kepercayaan dirinya saat presentasi sehingga juri harus benar-benar selektif dalam memilih.

Dia mencontohkan, ada satu kontestan dari SMPN 8 Bandung yang mengangkat tema pendidikan yakni menanamkan gemar membaca.

Dalam presentasinya, dia aktif mengajak teman-teman sekolahnya untuk mau membaca. Dia sering memberi pinjam buku bacaan ke teman-temannya. Dia juga aktif di lembaga literasi sekolahnya. ”Ini tentu mendapat apresiasi karena anak seusia dia punya pemikiran menata masa depan dengan gemar membaca,” ujar Ahmad.

Sementara itu, Koordinator Zetizen Bandung Muhammad Raulazwar mengatakan, setelah lima pemenang tingkat Jawa Barat ini diumumkan, maka akan ada pelatihan lanjutan.

”Jadi kami ingin mengirimkan kontestan yang memiliki kemampuan lebih. Baik itu dari segi presentasi di depan publik, cara berkomunikasi dengan sesama member Zetizen seluruh Indonesia dan cara menulis dengan baik dan benar,” ujar lajang yang akrab disapa Raul itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan