Thailand vs Indonesia : Beban Ada di Tuan Rumah

bandungekspres.co.id, BANGKOK – Penantian panjang publik Indonesia akan sebuah prestasi dari lapangan sepak bola di pentas internasional, akan ditentukan malam nanti. Boaz Solossa dan kawan-kawan hanya butuh  hasil imbang untuk membawa pulang gelar Piala AFF 2016 ketika melawan tuan rumah Thailand di Rajamangala National Stadium, Bangkok. (Tayangan langsung RCTI Pukul 19.00 WIB)

Dalam partai pamuncak itu, beban Indonesia memang tidak begitu berat setelah di first leg yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, 14 Desember lalu, skuad Garuda — julukan Timnas —  berhasil menang tipis dengan skor 2-1 atas Thailand. Pelatih Timnas, Alfred Riedl pun mengakui, bahwa penggawanya nothing to lose menyambut laga malam nanti.

”Sejak dari leg pertama, saya sudah melihat bahwa kami tidak memiliki tekanan apa-apa untuk pertandingan final ini. Justru, tekanan itu ada pada Thailand,” kata Riedl dalam press converence di Emerald Bangkok Hotel, siang kemarin (16/12). ”Mengapa bisa begitu, karena bagi kami, bisa lolos sampai ke final saja sudah melampaui ekspektasi kami selama ini,” tambahnya.

Pernyataan Riedl tersebut tidak hanya sekedar ucapan, melainkan juga ekspresinya selama jumpa pers berlangsung. Dia juga lebih banyak melempar senyum dan terlihat lebih rileks dibandingkan pelatih tuan rumah, Kiatisuk Senamuang. Riedl juga beberapa kali melempar joke segar yang membuat para awak media tertawa.

Kendati begitu, pria asal Austria ini menegaskan bahwa, meski berstatus underdog, bukan berarti mereka tidak akan bermain fight untuk memenangkan gelar yang tidak pernah dirasakan oleh publik sepak bola tanah air selama 25 tahun terakhir itu. Justru sebaliknya, dia akan menginstruksikan semua pemain lebih fight dibandingkan leg pertama lalu.

Apalagi, lanjut Riedl, kecuali Andik Vermansah yang mengalami cedera pada leg pertama lalu, semua penggawa besutannya bisa dimainkan. Meski begitu, jadwal recovery yang hanya berjarak dua hari dari first leg, tidak menapikan Riedl untuk menilai bahwa pertandingan malam nanti akan berat bagi kedua tim.

Sementara itu, sudah tertinggal agregat satu gol membuat tuan rumah enggan mengambil resiko. Target mengejar ketertinggalan itu juga terlihat dari ofisial training di Stadion Rajamangala, Bangkok, tadi malam, Timnas Thailand terlihat sangat serius. Pemandangan itu berbanding terbalik dengan yang mereka tunjukan di Pakansari tiga hari lalu.

Tinggalkan Balasan