Tes Sepang Tiga Hari Lagi

bandungekspres.co.id– Tiga hari lagi mesin-mesin motor balap terbaik sejagad akan menderu-deru di Sepang. Uji coba pra musim perdana MotoGP bakal digelar mulai 1 Februari dan berakhir setelah tiga hari. Ada banyak hal yang ditunggu karena musim ini terjadi perombakan regulasi terbesar sejak musim 2010 saat kubikasi mesin kembali dari 800 cc ke 1000 cc.

Tahun ini Bridgestone telah benar-benar pergi. Penggantinya adalah Michelin yang pada uji coba usai musim lalu membuat banyak pembalap pening. Cengkeraman roda depan yang menyusut jika dibandingkan pendahulunya mengakibatkan para joki harus mengubah gaya membalapnya kalau tidak ingin terlempar dari motor.

Kabar baiknya adalah stabilitas roda belakang. Cengkeraman lebih baik dari Bridgestone dan katanya membikin bagian buritan motor anteng saat masuk atau keluar tikungan.

Soal ban ini, juara bertahan Jorge Lorenzo girang. Menurutnya, performanya akan semakin terkerek dengan baru ini. Tahun lalu, dengan ban Bridgestone, pembalap Majorca itu memenangi tujuh seri dan merebut gelar juara dunianya yang ketiga. ’’Michelin lebih pas dengan gaya balapku,’’ katanya percaya diri.

Bukan tanpa alasan jika Lorenzo begitu yakin. Saat musim debutnya di MotoGP 2008 silam rider 29 tahun tersebut menggunakan Michelin. Dia mengaku tak ingat lagi feeling-nya saat itu. Tapi memang berbeda dengan Bridgestone. ’’Kau harus menunda waktu pengeremannya dan membuka rem sedikit lebih cepat. Itu adalah gaya balap yang lebih baik untuk saya,’’ tandasnya.

Perubahan besar lainnya adalah penyeragaman ECU. Pembalap kelas pabrikan sudah tidak bisa menggunakan software yang mereka kembangkan sendiri. Ini akan sedikit menguntungkan Ducati dan Suzuki karena musim sebelumnya sudah menggunakan ECU standar karena turun di kelas Factory 2.

Yang paling ditunggu dari Sepang nanti tentu saja hasil pengembangan motor-motor baru sepanjang jedah musim dingin. Jika ingin dikelompokkan karakter mesin dan motor MotoGP bisa dipecah menjadi dua grup besar. Motor powerful diwakili Honda dan Ducati. Sedangkan motor easy riding adalah Yamaha dan Suzuki. Untuk kasus Aprilia musim ini mereka baru turun sebagai konstruktor penuh. Jadi musim lalu pengembangannya belum maksimal.

Tinggalkan Balasan