Temukan Granat Aktif Tanpa Pengunci

bandungekspres.co.id – Satu buah granat jenis nanas yang masih aktif tanpa ada penguncinya ditemukan oleh seorang pemulung di tempat sampah di Perumahan HBO RW 5, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kamis (4/2) sore. Pemulung yang diketahui bernama Yadi, 33, warga Sukamandi RT 02/16, Desa Lembang yang saat itu sedang mencari barang rongsokan di tempat sampah sekitaran perumahan menemukan granat tersebut.

granat
KARAT: Temuan granat aktif di sebuah daerah, belum lama ini. Di Lembang, ditemukan juga granat aktif oleh pemulung, Kamis (4/2).

Kepala Polsek Lembang Komisaris Oki Bagus mengatakan, granat ini ditemukan sejak Kamis sore. Yadi tidak langsung melaporkan kepada pihak kepolisian malah terlebih dahulu menyerahkannya kepada bos pengepulnya bernama Eko. ’’Granat aktif ini ditemukan tanpa disengaja. Penemuannya pada kamis sekitar pukul 15.00, tapi baru dilaporkan oleh bos pengepul barang bekas hari ini Jumat,” tutur Oki di Mapolsek Lembang kemarin.

Setelah mendapat laporan dari Eko, lanjut Kapolsek, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Satuan Brigade Mobil Polda Jawa Barat untuk mengamankan granat tersebut. Kondisi granat tampak sudah lama lantaran terlihat berkarat. ’’Memang kalau dilihat fisiknya sudah lama sekali. Terlihat juga karatan pada granat tersebut,” ungkapnya.

Menurut Oki, seringnya penemuan barang-barang mudah meledak seperti granat di kawasan Lembang, lantaran di Lembang merupakan kawasan banyak tempat pendidikan militer. ’’Di sini kan banyak lokasi pendidikan TNI/Polri,” jelasnya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu juga granat yang masih aktif ditemukan di sebuah rumah warga di Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Pihak kepolisian langsung memeriksa sejumlah saksi-saksi atas temuan granat tersebut. Barang-barang temuan itu sudah dalam kondisi rusak karena terlalu lama tertimbun, namun granatnya masih aktif. (drx/vil)

Tinggalkan Balasan