Telkomsel Perkenalkan 4.5G Technology

0
TES KECEPATAN: Executive Vice President Telkomsel Jabodetabek Jabar Yeti Kusumawati (tengah) dan CEO Huawei Indonesia Sun Xi Wei (kanan) mendengarkan penjelasan terkait jaringan 4.5G Technology di Graha Pos, Jalan Banda, Kota Bandung, Kamis (8/12).

bandungekspres.co.id, CIHAPIT – PT Telkomsel sebagai salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler memperkenalkan produk terbarunya 4.5G Technology di Graha Pos, Jalan Banda, kemarin (8/12). Teknologi ini sebagai pengembangan jaringan 4G long term evolution (LTE) untuk bisa menjangkau pelosok.

Executive Vice President Telkomsel Jabodetabek Jabar Yeti Kusumawati mengatakan, jaringan terbaru ini untuk memuaskan para pengguna Telkomsel di Indonesia. Saat ini, Telkomsel telah bekerja sama dengan Huawei.

”Kami akan segera melakukan pendekatan kerja sama dengan pabrikan devices lain untuk melancarkan rencana launching 4.5G yang kemungkinan akan dilaksanakan pada pertengahan 2017 mendatang,” ujar Yeti.

Selain itu, sebenarnya 4.5G Technology secara fisik dan jaringan sudah siap. Dia berharap, implementasi dan adopsi device bisa lebih cepat. Sehingga, saat Asian Games sudah tidak experience lagi.

Yeti mengakui, bahwa perkembangan broadband di Bandung sangat cepat. Selain itu, produktivitas, terutama dalam penggunaan data internet terus meningkat.

Pengembangan dari 3G ke 4G sangat berdampak positif dalam segi kecepatan. Ke depan, akan ada 4.5G yang sudah pasti dalam hal kecepatan akan lebih baik.

Semantera itu, CEO Huawei Indonesia Sun Xi Wei mengatakan, uji coba 4.5G Techonology merupakan sebagai rencana untuk melayani jaringan di Pulau Jawa.

Jaringan 4.5G Technology Telkomsel diimplementasikan memanfaatkan LTE di spektrum frekuensi 1.800 MHz dengan lebar pita 20 MHz yang digabungkan dengan teknologi 4×4 MIMO.

Penggabungan tersebut memungkinkan data akan 2x lebih cepat dari kecepatan data 4G. Serta latensi yang rendah, yaitu kurang dari 10 milidetik dibandingkan dengan teknologi 4G. Implementasi 4.5G tersebut di dukung oleh fiber optic dari PT Telkom Indonesia dan bekerja sama dengan Huawei.

Seperti diketahui, cangkupan data 4G tidak bisa mencapai daerah yang berada di pelosok. Tentunya dengan adanya pengembangan dari 4G ke 4.5G, hal itu akan teratasi. Anak dari Telkom Indonesia ini merupakan provider jaringan seluler terkemuka yang pelanggan setianya  mencakup seluruh wilayah di Indonesia. (mg1/fik)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here