Tekan Pengangguran, Pemkot Siapkan Program

bandungekspres.co.id, CIMAHI– Perekonomian kawasan industri di Kota Cimahi mengalami lesu. Pemkot Cimahi melakukan berbagai upaya untuk menekan angka pengangguran.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Cimahi, Benny Bachtiar mengatakan, selama ini angka penyumbang pengangguran di Kota Cimahi memang berasal dari arus urbanisasi dan siswa yang baru lulus dari SMA/SMK.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya membuat konsep agar lulusan SMA /sederajat bisa memanfaatkan potensi diri untuk mengembangkan ekonomi kreatif. Misalnya, menciptakan inkubator bisnis dan roadshow ke sekolah-sekolah.

”Walaupun hasilnya belum optimal, namun langkah tersebut kini mulai nampak. Langkah menekan pengangguran diantaranya, dengan membangun inkubator bisnis dan pelatihan-pelatihan,” ujarnya.

Dengan inkubator bisnis, tambah Benny, diharapkan, ekonomi kreatif berkembang hingga menciptakan lapangan kerja.

”Roadshow juga dilakukan dengan membangkitkan minat dan kreatifitas siswa. Jika potensi siswa diketahui, pemerintah tinggal membantu pengembangannya hingga mereka bisa membuka peluang usaha,” katanya.

Untuk menekan urbanisasi, lanjut Benny, selain melakukan pendataan pihaknya akan membatasi kartu identitas penduduk sementara (kipem). Bahkan bisa jadi, pembuatan KTP untuk pendatang lebih selektif sesuai prosedur yang berlaku.

”Cimahi ini menjadi kota yang menarik bagi para pencari kerja karena ada kawasan industri. Namun, mereka mengalami dampak pasar MEA sehingga order menurun dan mempengaruhi penerimaan karyawan baru,” tuturnya. (pem/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan