Tawan Terharu Dihadiahi Rp 50 Juta

Kala Gubernur Kesengsem Tangan Robot Karya Wayan “Iron Man” Sumardana

Wayan “Iron Man” Sumardana kini bak selebriti. Kesuksesannya bikin robot tangan membuatnya terkenal di mana-mana. Gubernur Made Mangku Pastika bahkan ikut kepincut dengan karyanya.

Andre Sulla, Bali.

Wayan Sumardana
KADEK MERTAWAN/BALI EXPRESS

MANUSIA ROBOT: Wayan Sumardana alias Tawan tengah bekerja sebagai tukang las dengan robot tangan kiri yang dia ciptakan sendiri dari spare part bekas.

JARUM jam menunjukkan pukul 09.00 Wita kala jalur yang menuju Desa Nyuhtebel, Manggis, Karangasem disterilkan oleh babinsa dan babinkamtibmas. Lalu lalang kendaraan diatur sedemikian rupa agar jalur menuju rumah Wayan “Iron Man” Sumardana alias Sutawan alias Tawan, bebas dari kendaraan lain. Meski tidak sampai bikin macet, jalur tersebut kemarin benar-benar steril dari kendaraan warga yang hendak menuju rumah Tawan. Tepat pada 10.00 Wita, kendaraan yang membawa PJ Bupati Karangasem IB Arda bersama rombongan pun tiba di lokasi di bengkel Tawan di Banjar Tauman, Desa Nyuhtebel, Manggis.

Selain membawa rombongan pejabat Karangasem, wartawan dari berbagai media ikut menyertai rombongan sang pejabat. Satu jam kemudian, giliran rombongan orang nomor satu di Bali datang. Setelah turun dari mobil dinas DK 1, gubernur Mangku Pastika langsung menuju bengkel kerja Tawan. Di sana dia disambut langsung si empu rumah beserta anak dan istrinya. Setelah bersalaman, sambil berdiri gubernur Pastika memegang tangan kiri si Iron Man dengan kedua tangannya. Sambil ngobrol kesana kemarin, Pak Gub terus meraba-raba tangan Tawan dari ujung jari hingga bahu pria tamatan SMK Rekayasa Denpasar ini.

Purnawirawan Polri ini, tampaknya, ingin membuktikan bahwa tangan kiri Tawan benar-benar lumpuh dan tak berfungsi. Setelah itu, Pak Gub mengamati secara teliti robot tangan ciptaan Tawan yang bikin heboh Bali dan Indonesia beberapa hari terakhir itu. Gubernur juga mengamati kondisi rumah Tawan yang dipenuhi beragam benda rongsokan.

’’Tidak mudah bisa bikin ini (robot tangan). Ini benar-benar kreatif dan luar biasa,” tandasnya. Saking simpatinya, Pak Gub bersedia mengobati Tawan yang menderita kelumpuhan di bagian tangan kirinya. “Kita akan bawa dan mengobati sakitnya hingga benar – benar sembuh,” ucap gubernur Pastika.

Tinggalkan Balasan