Tak Berdaya Tanpa Messi

bandungekspres.co.id, CORDOBA – Argentina menelan kekalahan dari Paraguay di kualifikasi Piala Dunia 2018. Kekalahan itu membuat pelatih tim Tango, Edgardo Bauza, merasa sedih dan marah.

Menjamu Paraguay di Estadio Mario Alberto Kempes, Cordoba, Rabu (12/10) dinihari lalu, Argentina kalah tipis 0-1. Gol tunggal tim tamu dicetak oleh Derlis Gonzalez pada babak pertama.

Argentina sebenarnya tampil sangat dominan dan menciptakan banyak peluang. Albiceleste bahkan mendapatkan hadiah penalti pada babak kedua, tapi eksekusi Sergio Aguero dimentahkan kiper Paraguay, Justo Villar. Aguero juga menyia-nyiakan sebuah peluang emas ketika berhadapan satu lawan satu dengan Villar.

”Kami datang dengan rencana tampil lebih baik dan menang. Itulah kenapa saya sedih dan marah,” ujar Bauza seusai pertandingan.

Hasil laga melawan Paraguay membuat Argentina cuma mendapatkan satu poin dari dua laga kualifikasi Piala Dunia 2018 di bulan Oktober. Sebelumnya, mereka ditahan imbang Peru dengan skor 2-2, pekan lalu.

”Kami tidak tampil bagus. Kami membaik di babak kedua, tapi kami tidak bisa menyamakan kedudukan,” kata Bauza.

Argentina sekarang berada di posisi kelima klasemen sementara dengan 16 poin dari 10 pertandingan. Mereka tertinggal lima poin dari Brasil yang memimpin klasemen.

Sementara itu, kekalahan ini meninggalkan catatan buruk bagi Argentina. Untuk pertama kalinya, Argentina menelan dua kekalahan di kandang sendiri dalam kualifikasi Piala Dunia yang sama. Sebelumnya, Argentina menyerah 0-2 dari Ekuador, Oktober 2015.

Tidak hanya itu, kekalahan dari Paraguay kian memperlihatkan bahwa Argentina tak berdaya tanpa Messi. Sang superstar terpaksa absen karena mengalami cedera otot saat membela klubnya, Barcelona melawan Atletico Madrid beberapa waktu lalu.

Dalam 10 pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 yang sudah dilakoni, Argentina selalu memenangi tiga pertandingan bersama Messi. Yaitu kemenangan 2-1 atas Chile, 2-0 lawan Bolivia, dan 1-0 atas Uruguay.

Bagaimana Argentina tanpa Messi? Argentina hanya meraih tujuh poin dari kemungkinan 21 poin yang bisa dikantongi dengan 1 kemenangan, empat seri, dan dua kali kalah dalam tujuh laga.

Di empat pertandingan pertama, Messi yang absen membuat Argentina dibekap Ekuador 0-2, 0-0 di markas Paraguay, 1-1 kontra Brasil, dan satu-satunya kemenangan diperoleh saat mengalahkan Kolombia 1-0. Setelahnya, Argentina diimbangi Venezuela 2-2 dan Peru dengan skor yang sama sebelum akhirnya kalah melawan Paraguay. (bla/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan