Swiss vs Polandia, Mengincar Sejarah Baru

bandungekspresco.id, Polandia merasa optimistis bakal mampu menggulingkan Swiss dalam bentrokan di Stadion Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, pada perdelapan final Euro 2016, hari ini.

Tidak berlebihan bila Adam Nawalka sangat pede dengan kans tim asuhannya. Sebab, dari rekor sepuluh pertemuan tim, Polandia sangat dominan dengan membukukan empat menang dan lima imbang. Terakhir kali mereka bersua Swiss adalah saat bermain imbang 2-2, pada laga persahabatan.

Polandia melaju ke babak 16 besar, setelah tampil sebagai runner up grup C. Sebetulnya di grup C tersebut, poin yang dikumpulkan Polandia sama dengan Jerman, yakni 7 poin hasil dua kali menang dan sekali seri. Namun Polandia kalah dalam selisih gol dan mesti puas berada di bawah Der Panzer.

“Kami sudah menyiapkan beberapa informasi terkait Swiss. Staf pelatih kami telah melakukan pekerjaan bagus sehingga banyak sekali info dari Swiss yang bisa dipelajari,” ujar Nawalka seperti dikutip AFP.

“Swiss bermain dengan level tinggi. Dan, mereka adalah salah satu tim yang menarik di turnamen kali ini. Tetapi, kami optimistis bisa melangkah jauh,” klaimnya.

Polandia memang tidak masuk tim unggulan. Meski demikian tim yang diperkuat Robert Lewandowski tersebut tak bisa dianggap remeh.

Di bawah mistar gawang ada Wojciech Szczesny yang selama ini jadi kiper andalan AS Roma. Di lini belakang ada Thiago Cionek yang bermain di Palermo, Kamil Glik bek andalan Torino, Bartosz Salamon di Cagliari serta Lukasz Piszczek bek sayap di Borussia Dortmund.

Sedangkan di lini tengah Polandia diperkuat Jakub Blaszczykowski gelandang serang di Fiorentina, Kamil Grosicki yang bermain di klub Rennes,  Grzegorz Krychowiak gelandang andalan Sevilla serta  Piotr Zielinski yang merumput di Empoli. Di lini depan Timnas Polandia didukung dua ujung tombak yakni Arkadiusz Milik striker di Ajax Amsterdam, dan  Lewandowski, megabintang Bayern Munich.

Namun Swiss yang akan jadi lawan Polandia, bukanlah tim yang mudah dikalahkan. Tim yang ditangani pelatih Vladimir Petkovic ini juga didukung  sejumlah  pemain berkualitas.

Sebagai penjaga gawang, Swiss diperkuat  Roman Buerki  yang selama ini bermain di Borussia Dortmund. Di lini belakang ada Stephan Lichtsteiner yang merumput di Juventus, Nico Elvedi bek andalan Borussia Monchengladbach serta Ricardo Rodriguez bek sayap di Wolfsburg. Di lini tengah ada Blerim Dzemaili yang bermain di Genoa,  Granit Xhaka  yang membela Arsenal, serta Xherdan Shaqiri di Stoke City. Di barisan penyerang Swiss didukung Admir Mehmedi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan