Siskamling Terpadu Gunakan WA

bandungekspres.co.id– Untuk menekan angka kriminalitas di lingkungan warga Kelurahan Pasanggrahan, Polsek Ujungberung berserta Koramil membentuk pola dalam melakukan pengamanan dengan cara simkamling terpadu.

Bhabinkamtibmas dari Polsek Ujungberung Brigadir Kepala Wasmin mengatakan, siskamling terpadu ini adalah program inovasi di bidang keamanan masyarakat yang sudah biasa dijalankan, namun pada pelaksanaannya akan dilakukan sentuhan kearifan lokal masyarakat setempat.

Selain itu, pihaknya juga akan memanfaatkan penggunaan teknologi baik yang sudah ada ataupun aplikasi di android seperti WhatsApp (WA). “Dengan cara ini diharapkan masyarakat akan berinteraksi dan bisa saling bertukar Informasi karena sebagai Bhankabtibmas atau Babinsa harus dekat dengan masyarakat,” jelas Wasmin, di Kelurahan Pasanggrahan kemarin.

Selain itu, pihaknya juga akan membentuk grup dalam aplikasi tersebut, yang terdiri dari ketua RT dan RW serta unsur muspika, seperti camat danlLurah agar inforemasi yang disampaikan, baik itu dari masyarakat ataupun dari lurah serta camat bisa cepat tersebar.

Dia menuturkan, dalam pelaksanaannya komunikasi antar pos ronda satu dengan yang lainnya diharapkan bisa saling komunikasi dan koordinasi ketika melakukan kegiatan ronda, sehingga bila terjadi perkara tindak kriminal bisa terkoordinasi di bawah kendali polsek dan cepat lakukan penanganan.

Di tempat sama, Lurah Pasangrahan Amirudin S.Sos, MM menuturkan, pada intinya siskamling adalah kebutuhan masyarakat, terlebih dengan terbentuknya siskamling terpadu ini menandakan masyarakat Pasanggrahan sudah sadar betul bahwa kebutuhan keamanan tidak membebani atau tidak sebatas tanggung jawab pihak keamanan saja.

“Ini kan tanggung jawab semua. Mudah-mudahan komitment ini bisa berjalan dengan lancar. Namun, yang terpenting tentu bisa dirasakan oleh warga masyarakat. Mudah-mudahan jadi inovasi baru dan percontohan bagi wilayah-wilayah lain,” kata dia.

Sementara itu, Kapolsek Ujungberung Komisaris Nana Mulyatna menyatakan, siskamling terpadu ini sebagai bentuk menciptakan keamanan dan kenyaman di masyarakat dengan pola gotong royong sehingga bisa terkoordinasi dengan baik.

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat di Kecamatan Ujungberung agar bisa menerapkan pola ini dalam ciptakan keamanan di masyarakat dan permasalahan-permasalahan yang terjadi di tengah warga. “Siskamling terpadu ini bukan sebagai koordinasi keamanan saja tetapi bisa juga sebagai sumber informasi dari masyarakat dalam berbagai hal seperti bencana alam, warga sakit, dan lainnya,” pungkas Kapolsek. (yan/vil)

Tinggalkan Balasan