Sinergi Mengemban dan Mengawal Visi-Misi Kabupaten Bandung

Pemuda bagi Bangsa Indonesia adalah kelompok usia yang memiliki nilai serta posisi yang strategis dalam masyarakat. Sejarah perjalanan Bangsa Indonesia selalu menyertai pemuda, baik diminta maupun secara sukarela aktif di dalamnya.

Bahkan lebih daripada itu, sering kali berbagai momen penting bagi Bangsa Indonesia lahir dari ide, semangat dan kepemimpinan para pemuda. Tinta emas sejarah perjuangan Indonesia mencatatkan peran nyata pemuda seperti Peristiwa Sumpah Pemuda, Persiapan dan Pelaksanaan Kemerdekaan Republik Indonesia, atau peristiwa sekitar tahun 1965 yang semuanya melibatkan peran aktif pemuda. Sejarah mencatat bagaimana Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta dibawa atau lebih tepatnya diculik ke sebuah desa di sebelah utara Karawang yang bernama Rengasdengklok. Peristiwa inilah yang pada akhirnya memaksa kedua tokoh dimaksud untuk segera memproklamirkan kemerdekaaan Indonesia sehari setelahnya yakni pada tanggal 17 Agustus 1945. Bahkan yang lebih segar dalam ingatan kita adalah peristiwa terjungkalnya rezim Orde Baru pada tahun 1998 melalui semangat kepemudaan mahasiswa.

Kiprah pemuda Indonesia kemudian berlanjut ketika pada tanggal 23 Juli 1973 dilaksanakan Deklarasi Pemuda Indonesia, yang merupakan landasan kelahirannya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Hal ini muncul dari sebuah kesadaran akan tanggung jawab pemuda Indonesia dalam mengerahkan segenap upaya dan kemampuan untuk menumbuhkan, meningkatkan, dan mengembangkan kesadaran sebagai suatu bangsa yang merdeka dan berdaulat berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 (UUD 1945).

Dengan demikian tanggal 23 Juli dijadikan hari peringatan lahirnya KNPI, dan KNPI secara kelembagaan sebagai forum komunikasi pemuda, wadah kaderisasi dan partisipasi pemuda Indonesia dibakukan dalam Kongres I KNPI tahun 1974.

Sejarah perjalanan dan eksistensi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dalam kehidupan berbangsa dan bernegara juga diwarnai dengan beberapa momentum penting lainnya, antara lain:

  1. Permufakatan Pemuda Indonesia, tahun 1982
  2. Tekad Pemuda Indonesia pada tanggal 4 November 1999
  3. Paradigma baru KNPI, pada tahun 2002

Keberhimpunan pemuda Indonesia di KNPI bukanlah sekedar berhimpun, sebab pemuda mengemban peran sejarah untuk menjadi pelopor dan penggerak utama dinamika perkembangan bangsa dalam Pembangunan Nasional Indonesia sekarang dan di masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan