Sheila Reswari, Penjual Es Krim Keliling yang Sukses Bisa Bertemu Obama

Ingin Buktikan Orang Difabel Bisa Bekerja

Membangun usaha es krim sejak 2014 tak hanya membuat Sheila Reswari bisa membantu orang difabel. Usaha itu juga mengantarkan dirinya bertemu Barack Obama.

 GLORIA SETYVANI PUTRI, Jogjakarta

”OSIRIS… Es krim Osiris…” Jingle penjaja es krim Osiris itu terdengar di sebuah kampung di Bantul, Jogjakarta, pekan lalu. Pada cuaca yang panas seperti siang itu, memang paling pas kalau menyeruput sesuatu yang segar seperti es krim.

Suara jingle itu datang dari penjaja es krim yang mengenakan cool box sederhana, payung pelangi, dan sepeda motor roda tiga. Sepeda motor itu memang tidak biasa, tapi sudah dimodifikasi. Dengan ramah, Didi, begitu sang penjaja es krim disapa, melayani pelanggannya. Menyekop es krim rasa buah nusantara dan memberikan topping di atasnya.

Disebut rasa buah nusantara karena rasanya memang dari buah-buahan yang ada di Indonesia. Di antaranya, buah naga, nanas madu, jambu, pisang cokelat, kelapa muda, sampai salak.

Kalau tidak ada pembeli, Didi bisa beristirahat sejenak sambil menyeka peluh di wajahnya. Kini dia terlindung dari panas matahari berkat payung pelanginya.

Pria yang usianya sudah memasuki kepala empat itu ternyata tidak sendiri Ada perempuan muda berkerudung yang ikut menemaninya berkeliling dari satu tempat ke tempat lain untuk menjajakan es krim. Dia membuntuti ke mana pun pria tersebut pergi. Didi memang masih baru. Baru tiga hari berjualan es krim keliling sehingga belum hafal rute yang mesti ditempuh.

Dan, perempuan itu bukan anaknya atau saudaranya. Dia adalah salah seorang yang memberikan kesempatan kepada Didi untuk bekerja berjualan es krim. Seseorang yang memberinya kepercayaan bahwa dirinya juga mampu melakukan sesuatu yang berguna bagi orang lain.

Perempuan muda itu bernama Sheila Reswari. Dia merupakan salah seorang pendiri usaha es krim Osiris, yang tokonya berada di Jalan Parangtritis Km 20, Dusun Plebengan, Desa Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul. Siang itu, Jawa Pos (Jabar Ekspres Group) mampir ke tokonya sambil mencicip es krim spesial buatan komunitas difabel Bangkit Maju tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan