Seratusan Atlet Rayakan Lebaran di Korea

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Seratusan atlet Pelatda PON XIX/2016 Jawa Barat dipastikan berlebaran di Gyeongsangbukdo Korea Selatan dalam rangka pemusatan latihan. Rencananya, mereka akan tinggal di sana sampai Juli mendatang.

”Jumlahnya sekitar seratusan yang berada di Korea, mereka akan merayakan Idul Fitri di negeri itu. Selain itu ada juga yang berlebaran di sejumlah negara dalam rangka latihan,” kata Wakil Komandan Satlak Prestasi ’Jabar Kahiji’ KONI Jabar, Verdia Yosef di Bandung, belum lama ini.

Latihan di Korea merupakan periodisasi pencapaian prestasi atlet yang mana mereka harus fokus secara pribadi. Pemusatan latihan di Korea Selatan, untuk melakukan penilaian para atlet dalanm pencapaian peningkatannya termasuk ukuran yang diriah masing-masing atlet dari setiap cabang olahraga.

Menurut Yosep sudah ada 13 cabang olahraga yang diberangkatkan oleh KONI Jawa Barat untuk berlatih di Negeri Gingseng itu. Bahkan beberapa diantaranya sudah kembali ke tanah air.

”Ini bukan lebaran pertama atlet Jabar harus berlebaran di Korea Selatan, menjelang PON XVIII/2012 lalu juga sejumlah atlet Jabar ber-Hari Raya Idul Fitri di sana,” kata Verdia Yosef.

Beberapa cabang olahraga yang berlatik di Korea adalah taekwondo, panahan, gulat, judo, sepatu roda dan terakhir diberangkatkan atlet anggar.

Selain cabang olahraga yang ditangani pelatih Korea, sejumlah cabang olahraga juga memilih latihan di Korea Selatan untuk berlatih tanding dan mengikuti kejuaraan di sana.

”Kendati berlebaran di Korea, namun mereka tidak akan terganggu. Mereka sudah dipersiapkan bahkan diharapkan bisa menjadi spirit bagi mereka untuk menempa diri,” kata Yosef.

Bagi beberapa atlet, mungkin ada yang berlebaran di Korea untuk kedua kalinya terkait persiapan menuju PON. Namun sebagian besar akan menjadi pengalaman baru berlebaran di negeri orang. (kon/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan