Sembilan Club Menunggu Perkembangan PT GTS

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Ultimatum pemerintah terkait dengan izin tinggal legiun asing yang bermain di Indonesia Soccer Championship (ISC). Sembilan klub yang pemain atau pelatihnya masih bermasalah menyatakan sudah mengurus dokumen yang diperlukan.

Presiden Persija Jakarta Ferry Paulus, misalnya, sudah mengurus administrasi pemain. Sebab, semua klub sudah mengumpulkan persyaratan administrasi secara akumulatif kepada PT GTS (Gelora Trisula Semesta) selaku operator kompetisi.

”Kami belum update informasi terakhir tentang perkembangan dokumen pemain asing itu. Tapi, bagi kami, seharusnya tidak ada masalah lagi,” kata Ferry kepada Jawa Pos (Induk Jabar Ekspres), kemarin (16/9).

Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memberikan tenggat hingga akhir pekan ini kepada sembilan klub untuk menyelesaikan administrasi pemain atau pelatih asing mereka. Kalau melanggar, tidak ada ampun, bakal dideportasi.

Sembilan klub itu Arema Cronus, Madura United, Persela Lamongan, Persija Jakarta, Perseru Serui, Pusamania Borneo Football Club, Barito Putera, PSM Makassar, dan Mitra Kutai Kartanegara.

Di antara total 18 klub yang berpartisipasi di ISC, delapan sudah dinyatakan bahwa status legiun asing mereka aman. Delapan klub tersebut adalah Persib Bandung, Persiba Balikpapan, Persipura Jayapura, Semen Padang, Sriwijaya FC, Gresik United, Bhayangkara FC, dan Bali United. Legiun asing mereka telah mendapat imta (izin menggunakan tenaga kerja asing) dari Kemenaker.

Artinya, delapan klub tersebut sudah bisa mengurus kartu izin tinggal sementara (kitas) ke pihak imigrasi.

Sementara, Direktur PSM Makassar Sumirlan juga menyatakan telah mengutus tim untuk mengurus semua persoalan administrasi pemain dan pelatih asing miliknya.

”Kami tahu, masalah kitas adalah masalah hukum. Kami tidak mau main-main soal itu,” kata Sumirlan.

Sementara itu, Direktur Kompetisi dan Regulasi PT GTS Ratu Tisha Destria mengungkapkan bahwa pihaknya sudah mengambil alih pengurusan kitas semua pemain asing dari sembilan klub tersebut.

”Kami sudah berkomitmen untuk mengurus itu hingga selesai,” katanya. (ben/fiq/c4/ttg/nit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan