Segera Genjot 3 Proyek Besar

bandungekpsres.co.id, LEMBANG – Bupati Bandung Barat Abubakar meminta, tiga proyek besar di tahun ini harus bisa dimulai. Pertama proyek untuk pembangunan Pasar Panorama Lembang, kedua pembangunan infrastruktur jalan, penerangan jalan umum (PJU), penataan plaza hingga penataan area khusus pelayanan kepada masyarakat  yang dialokasikan hingga Rp 18 miliar di area Perkantoran Pemkab Bandung Barat dan terakhir terkait dengan proyek pembangunan jalan Purabaya-Jati-Saguling sepanjang 16 kilometer dengan anggaran sebesar Rp 23 miliar. ’’Saya minta SKPD terkait yang menangani 3 proyek ini harus bisa dimulai di tahun ini. Tidak boleh lagi ada yang lebih dari tahun ini. Setiap kepala SKPD harus bekerja keras,” tegas Abubakar, di Lembang, kemarin.

Menurut Abubakar, ketiga proyek besar itu saat ini sudah masuk tahap lelang. Sementara, untuk Pasar Panorama Lembang sudah ada pemenangnya. Sehingga pembangunan sudah bisa dilakukan di tahun ini atau tepatnya setelah Lebaran. ’’Untuk melakukan kerja sama dengan pihak ketiga dalam membangun pasar ini harus mendapat persetujuan dewan dan melaporkan pemenangnya. Setelah mendapatkan persetujuan baru melakukan pengerjaan fisik di lapangan, termasuk proyek Saguling dan infrastruktur di area kantor pemkab,” sahut Abubakar.

Abubakar menjelaskan, memang berdasarkan laporan, ada beberapa proyek yang tengah dalam tahap proses lelang. Hal ini didasarkan pada proses administrasi yang membuat keterlambatan pengerjaan di lapangan. Kendati begitu, pihaknya optimistis seluruh program yang sudah disusun akan rampung di tahun ini. ’’Kalau soal tender bupati tidak bisa intervensi karena itu ada di teknis masing-masing SKPD. Yang penting kami menjamin bisa dikerjakan di tahun ini,” paparnya.

Diakui Abubakar, berdasarkan hasil dari Badan Pemeriksa Keuangan dengan meraih predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2015, harus menjadi motivasi masing-masing SKPD untuk bekerja keras lagi. ’’Melihat lelang yang belum rampung ini antara kecewa dan memaklumi. Harapan saya bisa selesai dan semua pekerjaan bisa beres,’’ ungkapnya.

Seperti diketahui, salah satu proyek besar yakni pengerjaan proyek Purabaya-Jati-Saguling sepanjang 16 kilometer yang dianggarkan Rp23 miliar di tahun 2015 lalu masih mangkrak hingga pertengahan tahun ini. Padahal, Pemkab Bandung Barat menargetkan di awal tahun 2016 ini pengerjaan sudah mulai dilakukan. Kedua, infrastruktur jalan di area Kantor Pemkab Bandung Barat akan diperbaiki di tahun ini. Melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bandung Barat, perbaikan jalan dialokasikan sebesar Rp 18 miliar untuk panjang jalan 6 kilometer dan lebar 4-5 meter. Terakhir pembangunan Pasar Panorama Lembang pasca kebakaran beberapa waktu lalu. (drx/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan