Segera Atasi Masalah Kemacetan

bandungekspres.co.id – Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi berjanji segera mengatasi kemacetan dan masalah ketertiban pengendara di jalan.

’’Itu dulu target yang akan kita laksanakan dalam waktu dekat ini, terkait tugas baru saya sebagai Kadishub,” kata Didi, dalam diskusi publik di sebuah rumah makan, Jalan Braga, kemarin.

Menurutnya, untuk memerkuat upaya tersebut Dishub perlu bekerja sama dengan Polrestabes Bandung, agar berlaku juga penegakan hukumnya.

’’Pak Wali Kota Ridwan Kamil juga berkeinginan agar ketertiban dan kemacetan di Kota Bandung ini dapat segera teratasi, tentunya akan kita targetkan,” tuturnya.

Sejauh ini, diakuinya, sejumlah permasalahan sudah menjadi catatan Dishub termasuk adanya banyak keluhan pelayanan. Seperti parkir, angkot, rambu lalu lintas, marka jalan, dan lainnya.

’’Semua laporan tentang masalah itu sudah jadi catatan dan secara bertahap akan kita atasi bersama,’’ pungkasnya.

Dia menjelaskan, jika langkah tersebut telah dilakukan, upaya berikutnya adalah mengubah pola hidup masyarakat agar mau beralih kepada moda transportasi umum dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari.

Caranya dengan membangun sebuah sistem transportasi umum yang bisa menarik minat masyarakat untuk meninggalkan kebiasaan lamanya dalam gunakan kendaraan pribadi.

’’Kita akan coba bikin feeder dari terminal atau shelter ke persil, itu memungkinkan untuk sepeda. Nanti dari rumah naik sepeda ke shelter atau terminal, trus naik angkot. Ini seperti di Jepang,’’ terangnya.

Langkah berikutnya adalah melakukan transformasi pelayanan transportasi umum dari kendaraan kecil (angkot) ke kendaraan yang lebih besar (bus). Komunikasi bakal segera dilakukan guna merealisasikan hal tersebut.

’’Kita akan komunikasikan dengan para pengusaha supaya pengusaha angkot mau beralih ke bus. Ini butuh insentif yang harus dipikirkan, dari segi regulasi yang harus dibangun. Ini yang akan kita coba,’’ ujar dia.

Pihaknya pun menyoroti soal masih tingginya tingkat angka kebocoran parkir yang terjadi sekarang ini. Dalam rangka menekan hal tersebut, pihaknya akan memasang lebih banyak mesin-mesin parkir di Kota Bandung. (edy/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan