Sebut Sekolah Dalam Proses Pembangunan, Abubakar Bantah Membiarkan

bandungekspres.co.id, PADALARANG – Bupati Bandung Barat Abubakar menanggapi terkait keberadaan SMPN 3 Cihampelas yang berdiri di bekas kandang ayam. Menurut Abubakar, sekolah tersebut saat ini dalam proses pembangunan. Bahkan, sejauh ini tidak ada keluhan dari pihak sekolah dan siswa terkait keberadaan sekolah tersebut.

”Perlu dipahami, bahwa sekolah itu sedang proses pembangunan. Tidak ada keluhan selama ini, bahkan kepala sekolah dan komite ingin mendekatkan sekolah dengan peserta didik,” tegas Abubakar di Padalarang, kemarin (18/5).

Diakuinya, selama ini pemerintah terus berupaya untuk mencari lahan yang lebih strategis. Namun, terkendala dengan lahan yang terbatas. Sehingga, kawasan tersebut dipilih untuk dibangun sekolah. ”Pemerintah tidak diam. Beberapa kali kami anggarkan untuk pembangunan sekolah tersebut. Kami juga sudah beberapa kali membebaskan lahan di tempat lain tapi tidak berhasil,” paparnya.

Dia mengaku, sangat menghargai kepala sekolah dan para siswa yang sudah menerima untuk melakukan proses belajar mengajar di sekolah tersebut. Menurut dia, ini menjadi langkah untuk mempercepat pembangunan di tahun ini. ”Kalau historisnya memang itu bekas kandang ayam. Tapi, sekarang memang diubah dan sudah proses pembangunan sekolah,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat Imam Santoso menambahkan, sekolah tersebut direncanakan akan dibangun 9 kelas di tahun ini. Sumber anggarannya, dari bantuan pusat, provinsi hingga dianggarkan dari APBD.

”Tahun ini selesai pembangunannya. Bantuan dari pusat untuk satu kelas dianggarkan Rp 145 juta dan dari provinsi satu kelas Rp 125 juta dengan ukuran 7×9 meter,” ungkapnya seraya menyebutkan baru 3 kelas yang sedang dalam proses pembangunan.

Terpisah, Ketua Komite SMPN 3 Cihampelas Heri Ruhiat menyatakan, pembangunan sekolah ini terbentur dengan sulitnya mencari lahan yang lain. Sehingga dipilih lokasi ini untuk proses belajar mengajar para siswa di atas lahan 3.426 meter persegi dan masih kurang 13 ruang kelas untuk menampung 370 siswa yang ada saat ini.

”Pembangunan sedang berjalan dan mudah-mudahan lebih cepat seperti untuk sarana prasarananya,” terangnya.

Sebelumnya, selama setahun terakhir, 370 siswa SMPN 3 Cihampelas yang berlokasi di Desa Situwangi RT 3/9, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat harus belajar di tempat bekas kandang peternakan ayam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan