Sarinah Bidik Peningkatan Kualitas SDM

komunitas-sarinah
BUBUN/CIMAHI EKSPRES
PENGOBATAN GRATIS: Ketua Sarinah Ika Eviolina Hasanudin, saat melakukan pengobatan gratis kepada masyarakat Cimahi, kemarin.

bandungekspres.co.id,  CIMAHI – Keinginan menciptakan wanita juang sejati mandiri dan bergerak dengan hati jadi keingnan Komunitas Juang Sarinah. Dengan misi meningkatkan kualitas sumber daya wanita, mewujudkan kesejahteraan, kemandirian, pemberdayaan ekonomi, kesetaraan dan keadilan gender serta mewujudkan ketahanan keluarga dan perlindungan anak.

Komunitas Sarinah yang dibentuk  DPD PDI Perjuangan Jawa Barat terinspirasi seorang sosok wanita yang memiliki hati bersih dan penyayang. ”Sarinah merupakan seorang wanita yang mengasuh dan membesarkan Soekarno (Presiden RI pertama). Sarinah pula yang mengajarkan Sukarno menjadi manusia yang mengerti arti pentingnya  rakyat,” kata Ketua Sarinah Ika Eviolina Hasanudin usai dilantik menjadi Ketua Sarinah Jawa Barat di Jalan Bapak Ampi No 11 Kelurahan Baros Kecamatan Cimahi Tengah, Minggu (18/12).

Dikatakannya, nama Sarinah begitu lekat di benak Soekarno sehingga pihaknya terinspirasi untuk menggunakan namanya menjadi sebuah nama bagi komunitas wanita juang. Komunitas ini, sifatnya adalah suatu organisasi atau wadah bagi masyarakat yang menghimpun serta membina anggotanya dalam sebuah kegiatan seperti, pendidikan, advokasi, sosial budaya dan meningkatkan ekonomi agar senantiasa eksis antisipatif serta inovatif dalam menghadapi era globalisasi.  ”Sarinah bermaksud untuk berbagi kasih antar sesama, terutama kepada yang benar-benar membutuhkan uluran tangan kita,” ujarnya.

Untuk kegiatan dibidang pendidikan, dia menjelaskan tujuannya untuk saling berbagi ilmu sehingga bisa menimbulkan suatu hal yang positif dan mampu meningkatkan kemampuan seorang wanita agar mandiri dan sadar terhadap hak-hak perempuan.

Sedangkan untuk advokasi, tujuannya meningkatkan upaya pencegahan dan penanggulangan segala bentuk kekerasan terhada perempuan dan mendorong pemenuhan hak wanita yang berkeadilan, termasuk hak ekonomi, sosial politik dan budaya.

Diakuinya, walau komunitas Sarinah baru pertama dibentuk di Jawa Barat dan rencananya kedepannya ingin membuat komunitas Sarinah Nusantara. Dirinya berharap keberadaan Sarinah dapat mewujudkan wanita-wanita yang mempunyai daya juang tinggi.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR