Sanitasi Layak Sangat Penting

bandungekspres.co.id, SUMUR BANDUNG – Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika Indonesia atau United States Agency for International Development (USAID) menyelenggarakan Lokakarya Purna Program IUWASH (Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene), kemarin. Acara dihadiri mitra program di Provinsi Jawa Barat-Banten serta pemerintah kota/kabupaten di sepuluh wilayah dampingan IUWASH.

Senior Strategic Advisor for USAID Indonesia Jon Limborg mengatakan, kegiatan ini dalam rangka meningkatkan layanan akses dan sanitasi untuk masyarakat perkotaan, termasuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Program ini pun tetap akan dilanjutkan dan kembangkan di masa mendatang yang miliki permasalahan akses air minum dan sanitasi.

’’Air minum yang aman dan sanitasi yang layak sangat penting bagi terwujudnya kesehatan dan kegiatan rutin di tingkat rumah tangga dari mulai memasak, mandi, dan cuci,’’ katanya, di Hotel Grand Royal Panghegar Bandung.

Pada kesempatan sama, Louis O’ Brien, Chef of Party IUWASH mengungkapkan, kegiatan utama IUWASH bagi sektor air minum difokuskan pada peningkatan kinerja PDAM, sehingga bakal mampu memerluas layanan. Salah satu program cukup penting yang dihasilkan oleh IUWASH dan mitra kerja adalah pengembangan rencana pembiayaan jangka panjang demi memerluas layanan akses air minum.

’’Sektor sanitasi IUWASH telah mendukung penyusunan strategi sanitasi kota dan bermitra dengan sektor swasta, seperti Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia dari Kabupaten Tangerang dan Bank BPR di Bandung dan Serang,’’ ungkap Louis.

Louis memaparkan, pihaknya mengapresiasi sejumlah pemerintah daerah, seperti Kabupaten Tangerang yang sudah peduli dengan masalah sanitasi serta air bersih, caranya dengan menambahkan alokasi anggaran hingga 300 persen. Salah satu tolak ukur atau mandat program ini adalah adanya perubahan dari pola pikir. ’’Masalah sanitasi dan air bersih di Indonesia sudah berlangsung lama, padahal kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipenuhi,’’jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menegaskan, kemitraan yang dilakukan Program USAID-IUWASH telah dilakukan bersama-sama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten serta pemerintah kota/kabupaten dampingan dengan semangat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program ini telah memberikan pembelajaran penting dalam memenuhi kebutuhan air minum yang aman dan layanan yang layak untuk masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan