RW 03 Sukaharja jadi Percontohan Program Urban Farming Kota Bandung

bandungekspres.co.id CIBEUNYING KIDUL – Program Kampung Berkebun (Urban Farming) adalah program pemanfaatan lahan/ruang terbuka seperti lahan pekarangan, lahan kosong, halaman sekolah, kebun-kebun PKK, dak bangunan, dinding bangunan serta lahan tidur lainnya. Hal ini dilaksanakan kelompok Binaan Dinas Pertanian dan Ketahanan Kota Bandung di RW 03 Sukaharja, Kelurahan Sukapada, Kecamatan Cibeunying Kidul yang terus menggalakkan program Kampung Berkebun.

Ketua RW 03 Sukaharja
ISTIMEWA
TELATEN: Ketua RW 03 Sukaharja, Kelurahan Sukapada, Agus saat mengurus tanaman di kebun milik RW-nya.

Agus, Ketua RW RW 03 Sukaharja mengatakan, dari tahun 2014 melaksanakan program Kampung Berkebun. Saat ini masyarakat sudah merasakan hasilnya terutama perekonomian. ”Walaupun hanya memanfaatkan pekarangan rumah seadanya dengan ditanami berbgai jenis tanaman terutama tanaman pangan, sayuran serta barbagai jenis yang biasa dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat. Selain itu, rumah sekain cantik karena terdapat juga tanaman hias.

”RW 03 Sukaharja, Kelurahan Sukapada ini merupakan RW percontohan untuk program Kampung Berkebun di Kota Bandung. Sehingga kesiapan dan kesinambungan dalam pelaksanaanya harus tetap terjaga,” kata agus.

Dia menambahkan, program wali kota ini harus terus digalakkan. ”Maka, pemerintah khususnya Dinas Pertanian  dan Ketahanan Kota Bandung harus lebih di fokuskan lagi membentuk kelompok-kelompok binaan supaya kesadaran masyarakat dalam berkebun lebih luas lagi,” ujarnya.

Kalau program ini bisa digalakan di seluruh wilayah di Kota Bandung, kata Agus, yakin harapan Bandung Juara bisa tercapai dengan mudah. (adv/dn/jat/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan