Rp 35 M untuk Peparnas 2016

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV 2016 Jawa Barat ini mendapat suntikan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebesar Rp35 miliar.

peparnas2016“Kebetulan untuk Peparnas ini ada bantuan dari APBN Menpora sekitar Rp35 miliar. Itu yang kita cukupi untuk kebutuhan akomodasi transportasi yang khusus tadi,” ungkap Juru Bicara PB. Peparnas, Dani Ramdan kepada wartawan.

Dia mengatakan, bahwa dalam perhelatan Peparnas ini berbeda dengan PON yang sebelumnya digelar di Jawa Barat. Kata Dani, seluruh Akomodasi dan biaya kepesertaan ditanggung oleh tuan rumah.

“Kalau di PON ini kan ada biaya kepesertaan 50 persen dari kontingen dan 50 persen dari tuan rumah. Kalau di Peparnas ini 100 persen dari tuan rumah dan Alhamdulillah kan ada bantuan dari Menpora. Ini untuk membantu penyediaan sarana sarana khusus tadi,” jelasnya.

Perbedaan lainnya dengan PON, lanjut dia, Peparnas menyediakan hotel berstandar bintang empat karena menyesuaikan kebutuhan para atlet yang memiliki kebutuhan khusus.

“Penginapan ini kita siapkan juga hotel hotel yang akses disabilitas bagus dan yang memadai baik pintu masuk, lift, toilet, dan juga keperluan lain di tiap kamarnya,” katanya.

“Di PON bintang 3 cukup. Kalau penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda berarti kan toiletnya khusus dan pintunya lebih lebar, dan lainnya,” tambahnya.

Pihak PB Peparnas telah siap siaga menyambut sekitar 3.000 lebih kontingen, terdiri dari 2.300 atlet, sisanya offisial dan 33 kontingen dari berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu kesiapan terlihat dari pengaturan akomodasi dengan baik, yang mana 13 hotel tak jauh dari venue pertandingan dan menyiapkan bus khusus untuk mengantar para atlet ke tempat pertandingan. (bbs/har/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan