Riedl Sudah Kantongi Starter Timnas

bandungekspres.co.id, JAKARTA – PSSI baru akan mendaftarkan skuad tim nasional (timnas) untuk Piala AFF 2016 pada 19 Oktober nanti. Namun, staf pelatih yang dikomandani Alfred Riedl mengaku sudah mengantongi siapa saja yang bakal diboyong ke Filipina.

Salah seorang asisten Riedl, Wolfgang Pikal, mengatakan, gambaran skuad Garuda – julukan Timnas – sudah mereka kantongi setelah menjalani dua pemusatan latihan di Solo, Jawa Tengah, sepanjang September lalu. Plus uji coba melawan Timnas Malaysia pada 6 September lalu dan berikutnya melawan Vietnam.

”Intinya, pemain-pemain yang sudah dua kali kami panggil untuk ikut dalam uji coba berpeluang besar untuk masuk dalam tim,” kata Pikal, Senin (3/10).

Uji coba pertama sudah dijalani melawan Malaysia pada 6 September lalu di Solo, Jawa Tengah. Berikutnya, Boaz Solossa dkk bakal dijajal Vietnam pada 9 Oktober mendatang di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jogjakarta. Sebelum melakoni laga tersebut, skuad Garuda bakal menjalani pemusatan latihan mulai Kamis (6/10).

”Tapi, mereka yang terpanggil untuk kedua uji coba itu pun juga masih akan terus dipantau kondisinya. Termasuk tentunya kondisi kebugaran mereka,” kata Pikal.

Bila pernyataan Pikal tersebut bisa menjadi pegangan, sebelas pemain yang berpeluang besar berangkat ke Filipina, bahkan manjadi starter, sudah mulai terlihat. Dengan formasi 4-3-3, di lini depan, ada Boaz Solossa, Irfan Bachdim serta Lerby Eliandry yang berpeluang.

Di lini tengah, Andik Vermansah, Ichsan Kurniawan, dan Evan Dimas Darmono yang sudah mulai padu ketika Indonesia membantai Malaysia tiga gol tanpa balas pada 6 September lalu di Solo kemungkinan besar terpilih.

Sedangkan di lini belakang, kuartet bek sepertinya bakal dipercayakan kepada Benny Wahyudi, Fachruddin Wahyudi, Hansamu Yama Pranata, serta Yanto Basna. Sementara di bawah mistar, Andritany Ardhiyasa bisa jadi pilihan utama. Sebab, rival terberatnya, Kurnia Meiga, sampai saat ini masih berjuang melawan cedera pangkal paha.

Uji coba melawan Vietnam di Jogja tersebut menjadi pertandingan persahabatan internasional kedua skuad Garuda dalam persiapan tampil di penyisihan grup A Piala AFF 2016 di Filipina mulai 19 November – 17 Desember mendatang. Setelah Vietnam, timnas sejatinya dijadwalkan melawan Myanmar pada 5 November. Hanya, jadwal tersebut masih belum dipastikan oleh PSSI.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan