Ridwan Kamil Jenguk Pasien Rumah Sakit

bandungekspres.co.id, LENGKONG – Mengunjungi pasien-pasien di rumah sakit menjadi rutinitas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di bulan Ramadan ini. Kemarin (24/6), dia mendatangi Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung, Jalan KH Ahmad Dahlan.

Pria yang biasa disapa Kang Emil ini mengunjungi 21 pasien rawat inap kelas 3 dan pasien hemodialisa di rumah sakit berkapasitas 178 tempat tidur tersebut. Sasarannya, pasien-pasien yang berasal dari kelas ekonomi menengah ke bawah penerima BPJS. Salah satu pasien yang dikunjungi Emil, pasien hemodialisa, Sariningsih, Warga Kecamatan Antapani, telah dua tahun menjalani cuci darah. Dia mengaku senang dapat bertemu dengan Wali Kota Bandung.

”Biasanya saya lihat di TV, sekarang bisa lihat langsung. Rasanya asa gimana gitu,” tutur Sariningsih terlihat terharu saat berbincang dengan orang nomor satu di Kota Bandung ini.

Ibu rumah tangga tersebut, setiap dua minggu sekali harus menjalani cuci darah karena gagal ginjal yang dideritanya. Dia merasa termotivasi dengan kehadiran Wali Kota Bandung.

Sing enggal damang nya, Bu (semoga cepat sembuh ya bu, red)” ucap Emil  usai memberikan santunan kepada Sariningsih.

Sembari melihat kondisi pasien, Emil, juga mengecek fasilitas rumah sakit. Di beberapa sudut rumah sakit, Emil menyarankan kepada Direktur Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung, Tety H. Rahim untuk memajang lukisan-lukisan.

”Lukisan itu punya pengaruh psikologis terhadap pasien. Jadi dipasang aja lukisan alam, bunga, pegunungan, gitu Bu. Beli aja lukisannya di Jalan Braga,” kata Emil.

Kunjungan wali kota ke rumah sakit itu, merupakan yang kedua selama bulan Ramadan. Rencananya, dia akan mengunjungi 10 rumah sakit untuk menjenguk pasien-pasien yang berasal dari Kota Bandung.

”Tujuan kunjungi rumah sakit, untuk memberikan dukungan moriil kepada mereka yang tengah menghadapi cobaan,” kata Emil. (edy/fik)

Tinggalkan Balasan