Ricky Elson Rindu Dahlan Iskan

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Sebanyak 22 peserta mobil listrik yang berasal dari 19 kampus Teknik se-Indonesia berpacu dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) VIII di Kampus Politeknik Negeri Bandung (Polban). Kompetisi ini tidak kalah seru dari ajang FI.

Ketua pelaksana kegiatan Harita mengatakan, dalam kompetisi ini sebelumnya peserta menentukan poll position. Di mana seluruh peserta tersebut diharuskan running sebanyak dua lap di sirkuit yang disediakan panitia. Dalam dua lap tersebut para peserta harus mencatatkan raihan waktunya untuk menentukan poll position.

”Dalam kompetisi ini para peserta beradu kecepatan dalam menentukan posisi start mereka. Cukup sengit,” kata Harita di sela kegiatan, di Jalan Terusan Geger Kalong, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, kemarin (20/11).

Harita mengungkapkan, para peserta yang ikut dalam kompetisi ini berasal dari beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia. Adapun beberapa peserta yang mengikuti kompetisi ini di antaranya, UGM, STTNAS Yogyakarta, Universitas Sriwijaya, Universitas Udayana, Universitas Mataram, Universitas Pasundan, dan Politeknik Tegal serta beberapa kampus teknik lainnya. ”Kegiatan ini rencananya akan tetap dilaksanakan dan menjadi agenda rutin kedepannya,” jelas dia.

Menurutnya, kompetisi ini diadakan sebagai upaya untuk menampung dan meningkatkan kreativitas mahasiswa di bidang teknologi transportasi. Termasuk untuk meningkatkan kesadaran dalam menanggapi isu global tentang lingkungan hidup dan energi yaitu mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) untuk mengurangi perusakan lapisan ozon. Dengan kata lain, harus mulai menciptakan teknologi yang ramah lingkungan dan mengurangi pemakaian bahan bakar minyak.

Dia berharap,  melalui kompetisi ini dapat mengarahkan minat mahasiswa kepada kegiatan yang positif, produktif, inovatif, dan kompetitif dengan tetap mempertahankan silaturahmi antar mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan disiplin ilmu demi kesuksesan mereka di masa depan.

”Kami yakin ke depan masyarakat akan banyak yang menggunakan kendaraan jenis ini karena sangat efisien dan ramah lingkungan,” tandasnya.

Sementara itu, Politeknik Negeri Madura (Poltera) kembali menjadi juara umum dalam Kontes Mobil Listrik Indonesia (KMLI) di Politeknik Negeri Bandung (Polban). Mereka berhasil mengungguli 21 tim lain dari 19 kampus negeri dan swasta pada ajang bergengsi tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan