Ribuan Wasit Pimpin Pertandingan PON XIX/2016

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Penyelenggaraan pertandingan PON XIX/2016 Jawa Barat pada 17 hingga 29 September 2016 nanti akan melibatkan sebanyak 2.307 wasit dan juri dari seluruh Indonesia. Hal itu dikabarkan berdasarkan hasil rekap sementara.

”Berdasarkan rekap sementara, sebanyak 2.307 wasit dan juri akan bertugas pada PON XIX/2016 mendatang. Jumlah itu belum termasuk 108 wasit dan juri yang bersertifikat internasional,” kata Ketua Bidang Pertandingan PON XIX/2016 Jabar Yudha M Saputra kepada wartawan, belum lama ini.

Menurut dia, wasit dan juri merupakan salah satu elemen penting dalam penyelenggaraan PON XIX/2016 dan sebagian besar memiliki pengalaman dalam memimpin pertandingan tingkat nasional bahkan internasional.

Kendati telah memiliki kemampuan dan teruji, induk organisasi cabang olahraga masing-masing tetap akan melakukan penyegaran bagi mereka yang biasanya digelar sebelum penyelenggaraan pertandingan.

”Kebijakan untuk penyegaran wasit atau juri itu ditangani oleh masing-masing induk olahraga,” kata Yudha.

Terkait keterlibatan wasit dan juri asing atau dari luar negeri, kata Yudha ada beberapa cabang olahraga yang mengajukan penggunaan wasit atau juri asing. Namun tidak untuk memimpin pertandingan namun bertindak sebagai konsultan bagi para wasit dan juri yang bertugas pada cabang tertentu.

”Ada beberapa cabang olahraga yang mengajukan untuk menggunakan wasit atau juri dari luar negeri, namun tidak semuanya. Tidak banyak, mungkin hanya minta satu orang saja,” kata Yudha. (kon/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan