Respect The Game, Regulasi Baru di Honda DBL 2016

Semakin kuat di tiap penyelenggaraannya, PT. DBL Indonesia selaku penyelenggara kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia, Honda DBL, terus berinovasi agar gelaran ini lebih baik dari tahun ke tahun. Selain kemasan, aturan permainan juga dibuat menyesuaikan peraturan FIBA sebagai induk olahraga basket dunia.

Terbaru, pada gelaran Honda DBL 2016 telah memberlakukan ‘Respect The Game’. Peraturan ini hanya berlaku pada kuarter keempat. Respect the game akan diberlakukan apabila ada tim yang mencapai keunggulan dengan selisih 30 poin atau lebih pada saat pertandingan berlangsung.

Aturannya adalah tim yang unggul dengan selisih skor 30 poin atau lebih tidak boleh menggunakan full court defense atau half court defense (termasuk di dua menit terakhir). Tim yang sudah unggul dengan selisih skor 30 poin atau lebih wajib man to man inside three point. Pelatih akan dibebankan technical foul apabila tidak menjalankannya.

Peraturan baru ini telah diterapkan pada pertandingan Honda DBL dikota pertama yakni Bandung. Dimulai dari tanggal 12 Februari dan berakhir di final party 24 Februari, hingga babak final kemarin (23/2) telah terjadi 7 kali pertandingan respect the game yang dimenangkan oleh beberapa tim basket yang berasal dari berbagai sekolah di Bandung.

Baru saja diterapkan dikota pertama, respect the game pertama kali terjadi di pertandingan ketiga opening party Honda DBL West Java Series 2016- East Region (12/2) yang memertemukan tim putra SMAN 25 Bandung melawan SMAN 1 Baleendah.

Seakan tidak memberi kesempatan lawannya untuk mencetak poin, SMAN 1 Baleendah hampir merajai skor di tiap kuarter. Respect the game terjadi sejak akhir kuarter 3, dimana SMAN 1 Baleendah mempimpin skor 36-7. Mengetahui kondisi tersebut, terlihat dari awal kuarter empat SMAN 1 Baleendah dengan mudahnya menerapkan konsep respect the game, dimana tidak ada pemainnya yang melakukan full court maupun half court defense. Tim Baleendah sangat tanggap dan mengerti sehingga tidak ada pemainnya yang keluar dari konsep peraturan baru ini. SMAN 1 Baleendah memenangkan pertandingan dengan skor akhir 44 – 9.

Perlu diketahui sebelum terselenggaranya Honda DBL Bandung, tentunya para wasit dan anggota petugas meja pertandingan telah dilakukan briefing akan diterapkannya peraturan baru ini. Muhammad Iqbal Salim, selaku Basket Ball Operation PT DBL Indonesia, juga menerangkan dengan adanya respect the game ini akan semakin meningkatkan kualitas permainan basket para pemain, selain itu untuk menhindari ketimpangan skor yang terjadi di pertandingan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan