Renang Jabar Ketiban Rejeki

bandungekspres.coid, BANDUNG – Bergabungnya para perenang Jawa Barat pada program pemusatan latihan nasional (Pelatnas) Indonesia menjadi berkah tersendiri bagi tim tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 untuk bisa mengulang sejarah yang diraih Jabar pada multi event empat tahunan sebelumnya di Riau tahun 2012 lalu.

Pada PON XVIII/2012 di Riau tim Jabar mendulang 22 medali emas dari 30 nomor yang dipertandingkan. Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jabar, Toret Koesbiantoro mengatakan perenang andalan Jabar Triadi Fauzy Siddik bergabung dengan pelatnas dan sedang melakukan try out di Australia. Sementara atlet Jabar lainnya seperti Satrio, Ricky Angga Wijaya, Fadlan dan Raina Saumi tengah melakukan pemusatan latihan bersama Pelatnas Indonesia di Bali.

Menurut Toret, dominasi para perenang yang ditargetkan meraih medali emas pada PON XIX/2016 tersebut di Pelatnas menjadi keuntungan besar bagi Jabar. Pasalnya para atlet bisa lebih meningkatkan kemampuannya dengan program latihan yang diberikan di Pelatnas. Bahkan mereka terus diikutsertakan pada ajang kejuaraan internasional.

”Kita ketiban rezeki. Atlet andalan Jabar bisa lebih meningkatkan kemampuannya dengan mengikuti kejuaraan-kejuaraan internasional bersama pelatnas. Dan menurut laporan yang kita dapat, atlet Jabar ini menunjukkan presatasi yang bagus. Dimana setiap kejauraan level asia tenggara, para atlet ini bisa menyumbang medali emas bahkan memecahkan rekor,”ungkap Toret saat ditemui di Sekretariat PRSI Jabar.

Bukan hanya itu, Toret mengatakan, atlet Jabar atas nama Tiffany yang juga dipersiapkan untuk mengikuti PON XIX/2016 saat ini sedang berguru di Amerika. Begitu juga dengan Josua yang berhasil mendapatkan beasiswa ke Jerman sehingga ia juga meneruskan berlatih intensif di sana.

”Ini semua di luar dugaan kita, dan itu menjadi berkah bagi kita. Persiapan tim renang Jabar semakin baik untuk bisa mengulang prestasi pada PON lalu di Riau. Kualitas mereka sekarang sudah sesuai taget dan sasaran kita, tingga dipertahankan. Sehingga kita optimistis di PON Jabar nanti kita kembali juara umum,”katanya.

Sementara itu, atlet Jabar yang tidak bergabung di Pelatnas Indonesia terus diasah kemampuannya di Jabar. Toret menilai, kemampuan atlet ini pun tidak kalah bagusnya dengan atlet Jabar yang berada di Pelatnas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan