Relawan Andalkan Aplikasi TERRA saat Evakuasi Korban

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Memasuki tahap recovery bencana alam banjir bandang di Garut, Telkomsel tetap konsisten membantu pemerintah daerah setempat memulihkan kondisi warga dan insfrastuktur yang rusak terkena dampak bencana. Selain memberikan bantuan tambahan dalam bentuk penyediaan sarana sanitasi, pendidikan anak seperti seragam dan peralatan sekolah, sarana kelengkapan rumah tangga dan sarana kebersihan, Telkomsel juga menghadirkan aplikasi Telkomsel Emergency Response and Recovery Activity (TERRA).

Aplikasi TERRA berguna membantu operasional lapangan para relawan dalam melakukan evakuasi dan pemulihan pasca bencana. Aplikasi ini merupakan aplikasi Mapper Tracker berbasis online digital map database yang menyediakan sejumlah data penting terkait proses tanggap bencana, seperti informasi lokasi kantor pemerintahan daerah setempat, kantor Kepolisian, serta Markas TNI terdekat yang biasanya menjadi lokasi Posko Utama Penanganan Bencana Alam.

Aplikasi ini juga menampilkan profil relawan beserta keahlian individunya dalam penanganan bencana. Selain itu, bisa menunjukkan lokasi terdekat para relawan sehingga memudahkan mobilisasi mereka untuk percepatan tanggap bencana.

Direktur Sales Telkomsel Mas’ud Khamid mengatakan, Telkomsel tetap konsisten membantu korban bencana alam banjir bandang di Garut hingga memasuki tahap pemulihan kondisi saat ini. Sejumlah sarana sanitasi, pendukung pendidikan dan kebersihan sebagai bantuan lanjutan sudah kami serahkan ke Posko Utama Penanganan Bencana Alam di Markas Kodim 0611 Garut. ”Kami juga telah menggerakan tim TERRA yang sudah teruji dan terlatih dalam proses penanganan bencana. Dan kini operasional tim TERRA juga sudah didukung aplikasi TERRA yang sengaja dihadirkan guna mempermudah proses penanganan bencana di lapangan,” ujarnya belum lama ini.

Melalui aplikasi TERRA, tim relawan juga bisa menggetahui lokasi BTS Telkomsel terdekat, sehingga diharapkan dapat membantu para relawan mendapatkan kualitas jaringan yang paling maksimal ketika berkoordinasi di lapangan. Aplikasi TERRA juga menyediakan layanan SMS untuk memastikan kesiapan relawan serta layanan update foto dan video kondisi lokasi bencana secara real time. (rls/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan