Ratusan Warga Babakan Sari Tumplek di Bandungku Bersih-Babakan Sari Festival 2016

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Jangan coba-coba buang sampah sembarangan di Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong. Apalagi jika sampah tersebut dibuang ke sungai. Anda akan ditegor warga, dan langsung dipanggil RW setempat.

Lurah Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong Tintin Sulastri SPd membenarkan tentang tingginya rasa kepedulian warganya terhadap kebersihan. ”Kalau ada yang buang sampah, terus ketahuan langsung dipanggil,” kata Tintin Sulastri di sela-sela Bandungku Bersih Babakan Sari Festival 2016, kemarin (13/11).

Pantas jika perempuan yang menjabat berbarengan dengan pelantikan wali kota Bandung ini, mendukung penuh program Bandungku Bersih yang merupakan program Harian Umum Jabar Ekspres. Menurut dia, program tersebut harus berkelanjutan karena akan mampu mengedukasi warganya untuk berprilaku bersih.

Jika warganya sudah mampu berprilaku bersih, lanjut dia, akan memberikan suasana lingkungan dan warganya jadi sehat. Untuk kegiatan kebersihan sendiri khusus untuk Kelurahan Babakan Sari, sebut Tintin, sudah merupakan agenda rutin pihaknya sampai ke tingkat bawah.

”Kami sangat mendukung program Bandungku Bersih ini. Di Kelurahan Babakan Sari pada dasarnya sudah merupakan kegiatan sehari-hari untuk hidup berprilaku bersih ini,” papar dia.

Menurut Tintin, ada 18 RW di kelurahan tersebut dan semuanya sebut dia mampu bersinergi terutama dalam melaksanakan program pungut sampah (GPS). ”Dan semuanya dilakukan secara sukarela tanpa disuruh-suruh lagi,” jelasnya.

Selain sudah ada program GPS, menurut lurah yang membawahi 18 RW itu, pemantauan kebersihan juga dilakukan tiap minggu oleh Koramil setempat melalui program Citarum Bestari. ”Sehingga untuk kebersihan di sini sudah menjadi gaya hidup sehari-hari,” imbuhnya.

Senada dikatakan Camat Kiaracondong, Tarya. Dia juga memberikan apresiasi luar biasa terhadap kegiatan yang diselenggarakan Jabar Ekspres itu. Bahkan dia menyebut kegiatan semacam itu baru dilakukan koran grup Jawa Pos ini. Tarya berharap kegiatan yang disebutnya luar biasa itu, dapat terus berlanjut. ”Luar biasa kegiatan semacam ini memberikan inisiatif untuk selalu hidup bersih,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan