Ratusan Kuda Bertanding

[tie_list type=”minus”]Babak Kualifikasi Pra PON XIX di Pangandaran[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Sebanyak 12 provinsi mengikuti babak kualifikasi pra PON XIX 2016 cabang olahraga berkuda yang diselenggarakan di venue pacuan kuda Legok Jawa, Kecamatan Cimerak, Pangandaran, kemarin (10/1).

Ketua Pordasi Pusat H Mohammad Chaidir Saddak MBA mengatakan, babak kualifikasi tersebut sekaligus dalam rangka menjajagi venue Legok Jawa yang baru dibangun. Dikatakannya, ada 12 kontingen dari sejumlah provinsi yang mengikuti babak kualifikasi. Diantaranya Propinsi Kalimantan Barat, NTT, DKI Jakarta, Riau, Jawa Barat, Sulawesi Barat, Kalimatan Selatan, DI Joigyakarta, Sulawesi Utara, Sumba, Jawa Tengah dan Propinsi Sumatera Barat. ”Hari ini (kemarin, red) semuanya mengikuti lomba. Olahraga berkuda ini merupakan salah satu cabang olahraga resmi pada penyelenggaraan PON XIX 2016,” ujarnya.

Chaidir menambahkan, lapang pacuan kuda Legok Jawa sudah layak dijadikan arena berkuda tingkat nasional. ”Saya harapkan semua pihak bersatu dan bersama-sama mensukseskan PON,” ungkapnya.

Dikatakannya, penyelenggaraan PON XIX akan diselenggarakan secara resmi, September 2016 mendatang. ”Walaupun sekarang masih terlihat batu kapur yang menggunung di tengah lapang, mudah-mudahan pada waktunya nanti semuanya sudah beres. Termasuk akses jalan,” pungkasnya.(asp)

Sementara itu, ribuan warga Kabupaten Pangandaran berbondong-bondong menyaksikan pelaksanaan pra Pon XIX Jabar 2016 Cabor Berkuda terebut.

Ketua KONI Kabupaten Pangandaran Asep Suherdis mengatakan antusias warga menyaksikan pertandingan berkuda Pra PON XIX sangat tinggi. ”Hampir setiap sudut pacuan dipenuhi penontong, sangat banyak walaupun lokasinya cukup jauh,” ungkapnya.

Dikatakannya, selain warga lokal, penonton juga datang dari berbagai daerah. “Mereka yang senang dengan balap kuda sengaja datang ke Pangandaran, sekalian berlibur,” tuturnya.

Asep mengatakan pelaksanaan Pra PON cabor berkuda berjalan sukses. “Alhamdulillah semuanya lancar dan kondusif,” sambungnya.

Willy(39), salah seorang warga Pangandaran, mengaku sengaja datang ke lapang pacuan kuda Legok Jawa untuk menyaksikan langsung Pra PON XIX. “Karena ini even nasional pasti kuda yang bertanding bagus-bagus jadi saya penasaran,” ungkapnya.

Dikatakannya, pelaksanaan pacuan kuda menarik minat warga dan wisatawan untuk berkunjung. “Muda-mudahan saat pelaksanaan PON nanti

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan