Rajai GP Rusia, Rosberg Raih Empat Kemenangan Beruntun

bandungekspres.co.id – Pebalap Mercedes, Nico Rosberg, memperlihatkan dominasinya pada Formula 1 musim ini. Kemenangan keempat sukses diraih pebalap asal Jerman itu setelah mampu finis terdepan pada GP Rusia di Sirkuit Sochi Autodom, Minggu (1/5).

Memulai balapan dengan start di urutan terdepan, Rosberg langsung melesat meninggalkan rival-rivalnya. Insiden yang memaksa safety car keluar pada lap pertama tak menghalangi laju Rosberg untuk mempertahankan posisi terdepan.

Setelah safety car kembali ke pit, Rosberg tak terbendung. Pada lima lap pertama, dia mampu memimpin hingga selisih 2.897 detik dari peringkat keda, Ruben Bottas. Di tempat ketiga, pebalap Ferrari terlibat persaingan ketat dengan juara F1 musim lalu asal Mercedes, Lewis Hamilton.

Hamilton mampu melewati Raikkonen pada lap ke-8 dan terus menempel Bottas demi merebut posisi kedua. Meski posisinya mampu direbut Hamilton, Raikkonen tetap mampu mencatat speed trap terbaik dengan catatan 322.8.

Memasuki lap 25, Hamilton dan Raikkonen berhasil naik peringkat menggusur Bottas. Hamilton berada di urutan kedua denga selisih 12,993 detik dari Rosberg yang masih perkasa di posisi terdepan. Sementara, Bottas harus rela tergusur ke posisi keempat di belakang Raikkonen.

Pada lap ke-35, bendera kuning kembali dikibarkan menyusul insiden yang melibatkan pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen. Namun, insiden tersebut tak mengubah komposisi pebalap terdepan.

Memasuki lap 38, Rosberg mempertegas dominasi dengan mencatat fastest lap melalui waktu 1 menit 39.616 detik. Hasilnya, Rosberg tak terbendung untuk mencapai garis finis terdepan setelah melahap 53 lap.

Kemenangan Rosberg di GP Rusia ini sekaligus memutus dominasi Hamilton yang meraih podium pertama dalam dua musim terakhir. Sementara, Rosberg juga memperbaiki posisi setelah hanya finis kedua pada seri yang sama di musim lalu.

“Akhir pekan yang luar biasa. Pekerjaan hebat dilakukan Lewis (Hamilton) yang sanggup naik ke peringkat kedua dengan sangat cepat,” ujar Rosberg seusai balapan.

Di podium kedua dan ketiga, ada Hamilton dan Raikkonen yang sukses mempertahankan posisinya selama hampir separuh balapan. “Tak mudah melalui tikungan pertama. Saya senang untuk tim dan bisa mendapat poin,” bilang Hamilton.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan