PT KAI Daop II Ubah Rute

bandungekspres.co.id, BANDUNG – PT KAI Daerah Operasi (Daop) II Bandung melakukan penggantian rangkaian pada beberapa kereta api. Ubahan jalur tersebut bagian dari menyambut hari jadi PT KAI pada 28 September mendatang.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung Franoto Wibowo mengatakan, perubahan jadwal keberangkatan kereta api itu rencananya terjadi pada KA Mutiara Selatan jurusan Bandung – Surabaya. Rangkaian yang digunakan adalah kereta produksi PT INKA Madiun.

”Rangkaian baru ini terdiri atas tujuh kereta kelas ekonomi dengan kapasitas masing sebanyak 80 seat,” katanya, kepada wartawan, di kantor Daop II Bandung kemarin (20/9).

Franoto mengungkapkan, selain perubahan rangkaian, mulai 3 Oktober 2016, KA Mutiara Selatan pun akan mengalami perubahan relasi serta jadwal keberangkatan. KA Mutiara yang asalnya melayani Bandung-Surabaya diperpanjang menjadi jurusan Bandung-Malang.

”Nantinya jadwal keberangkatan mulai dari Stasiun Bandung menjadi lebih sore yaitu pada pukul 16.50. Sementara untuk KA Malabar relasi Bandung-Malang yang semula berangkat pada pukul 16.50 menjadi berangkat pukul 15.45,” jelas Franoto.

Lebih lanjut Franoto memaparkan, ada juga beberapa KA lainnya yang akan mengalami perubahan relasi dan jadwal keberangkatan. Di antaranya KA Ciremai. Kereta api ini semula melayani rute Bandung-Cirebon (PP), namun mulai 3 Oktober 2016 menjadi Semarang Tawang-Bandung.  ”Kami harapkan semua masyarakat pengguna setia moda kereta api bisa mengetahui perubahan jadwal ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ayu salah seorang calon penumpang KA berharap, agar semua pengguna KA bisa mengetahui perubahan rangkaian tersebut, diharapakan PT KAI bisa membuat imbauan ataupun pengumuman. Sehingga masyarakat pengguna KA tidak merasa bingung. ”Pengumuman nya bisa berupa spanduk maupun selebaran yang diberikan pada penumpang yang sedang antre di loket. Dengan begitu, kami sebagai konsumen tidak bingung,” pungkasnya. (dn/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan