Promosi Pariwisata di Bandung Barat Masih Minim

bandungekspres.co.id, LEMBANG – Pesona wisata di Kabupaten Bandung Barat sangat menjanjikan. Selain udara yang segar dan sejuk, sejumlah lokasi wisata alam juga banyak ditemui di wilayah Lembang.

Namun, keberadaan lokasi wisata ini tidak berbanding lurus dengan gencarnya promosi yang dilakukan oleh pemerintah daerah maupun Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Bandung Barat.

Salah seorang pemerhati pariwisata Anton Sumarno menyatakan, keberadaan BPPD dinilai belum bisa melakukan perannya secara baik. ”Padahal badan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 22 tahun 2011,” ucap Anton kepada wartawan ditemui di Lembang, kemarin (5/9).

Diakui olehnya, kebudayaan dan pariwisata di Bandung Barat cukup berpotensi untuk diekspos. Sehingga bisa dikenal secara luas. Sejumlah wisata seperti Tangkubanparahu, D’Ranch, Floating Market, Maribaya dan sebagainya dikenal sebagai pariwisata Kota Bandung.

Padahal secara letak geografis, semuanya berada di Bandung Barat. Ini menandakan promosi dari Bandung Barat masih kurang. Selain kurang dalam melakukan promosi, lanjut dia, keberadaan BPPD belum bisa menunjukan kinerjanya di dunia usaha di daerah. Serta menjadi mitra kerja pemerintah daerah.

”Bandung Barat itu kaya akan pariwisata. Baik wisata alam atau wisata yang dibuat oleh para pengusaha. Namun, dari sisi promosi belum begitu gencar, padahal jelas anggaran untuk promosi pasti ada,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bandung Barat Benny Suryana Kadir mengatakan, keberadaan BPPD  sudah ada. Namun, pihaknya mengakui belum ada kegiatan yang bisa mengangkat citra pariwisata Bandung Barat.

”Sebenarnya sudah ada sejak tahun 2015 lalu, tapi saat ini masih pakum. Untuk kepengurusan yang baru saja seharunya dilantik pada bulan April kemarin,” katanya.

Komposisi kepengurusan BPPD tahun 2016 terdiri dari profesional hotel, travel, budayawan, akademisi dan dirgantara. Namun, perwakilan dari keanggotan PHRI tidak masuk dalam kepengurusan.

Selaku pelaku usaha, lanjut dia, pihaknya mendukung agar BPPD segera dibentuk dan dilantik. Dengan kata lain, BPPD bisa melaksanakan tugas dan fungsinya dalam mempromosikan dan mengangkat citra kebudayaan dan pariwisata di Bandung Barat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan