Program Home Care Pemkot Bandung Baru Didukung RS AL Islam

bandungekspres.co.id, SUMUR BANDUNG – Program Home Care Pemkot Bandung baru dapat dukungan dari Rumah Sakit (RS) Al Islam. Sebagai bentuk dukungannya, RS Al Islam menyiapkan 10 dokter dan 20 perawat untuk jalannya program ini.

”Kita sudah siapkan 10 orang dokter yang sangat terlatih, bahkan mereka terlatih memberikan pada saat bencana alam dengan menggunakan motor trail,” kata Direktur RS Al Islam Kota Bandung Sigit Gunarto belum lama ini.

Sigit menambahkan, program Home Care ini diperuntukan warga Bandung yang membutuhkan perawatan medis karena satu dan lain hal, tidak bisa mendapat perawat di rumah sakit.

”Pelayanannya sama dengan di rumah sakit, ada kunjungan dokternya, ada perawatnya dan ada status pasiennya tapi dilakukan di rumah pasien,” kata Sigit.

Sayangnya pasien masih harus membayar biaya khusus walau tidak semahal dengan rawat inap. Sigit  berharap suatu saat pasien Home Care dilayani dengan mengunakan fasilitas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

”Jika programnya digabung dengan program wecare.id mungkin para pasien tidak perlu membayar biaya karena di tanggung oleh penyumbang dari wecare.id,” kata Sigit.

Home Care merupakan pelayanan kesehatan secara komprehensif dan berkesinambungan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal, dengan tujuan untuk meningkatkan kemandirian pasien dan keluarga dalam pemeliharaan dan perawatan anggota keluarga yang bermasalah kesehatan. Sehingga dapat meminimalkan dampak penyakit.

Program ini telah sukses dilaksanakan di Kota Makassar. Di lota ini, layanan Home Care mendekatkan layanan kesehatan ke masyarakat, karena petugas medis yang mendatangi mereka kerumahnya. Bahkan, jika dalam kondisi tidak memungkinkan pasien untuk ditangani di rumah, pasien langsung dilarikan ke rumah sakit. (rmo/bbs/fik)

Tinggalkan Balasan