Predator Seksual Anak Dikebiri

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Ada secercah harapan bagi anak-anak untuk terhindar dari para predator seksual. Pemerintah memastikan bakal mengeluarkan Perppu yang mengatur pemberatan dan penambahan hukuman bagi para predator tersebut. Salah satu hukuman tambahan itu adalah kebiri, yang bakal menghilangkan fungsi seksual sementara waktu.

Keputusan itu diambil dalam rapat terbatas di kantor Presiden kemarin (11/5). Presiden Joko Widodo meminta ada tindakan yang lebih keras bagi para pelaku. Juga, proteksi yang lebih personal bagi para korbannya. Kejahatan seksual anak sudah ditetapkan sebagai kejahatan luar biasa. Sehingga, penanganannya juga harus luar biasa.

Jokowi menyatakan sudah mengeluarkan perintah kepada Kapolri dan Jaksa Agung untuk menangani kasus-kasus pedofilia dengan cepat, tentunya sesuai dnegan aturan. ’’Kejar dan tangkap segera pelaku, dan tuntut dengan hukuman yang seberat-beratnya,’’ ujar Jokowi. Itu artinya, tidak ada alasan bagi jaksa untuk menuntut predator seksual anak dengan hukuman di bawah maksimal.

Di sisi lain, Presiden juga meminta akses bagi para korban harus lebih dipermudah lagi. ’’Berikan layanan pengaduan yang bisa diakses dengan mudah,’’ lanjutnya. Selain itu kementerian terkait harus menyiapkan SDM dan sarana untuk layanan pendampingan dan rehabilitasi para korban. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi semaksimal mungkin trauma yang dialami.

Ada dua jenis hukuman yang diputuskan dalam rapat tersebut. Pertama, hukuman pokok. Selama ini, hukuman bagi para pedofilia maksilmal 15 tahun. Dalam perppu yang akan terbit dalam waku dekat, hukuman pokok akan ditambah menjadi penjara maksimal 20 tahun atau seumur hidup.

Bahkan dalam kondisi tertentu hakim diberikan opsi utusan hukuman mati. Khususnya, apabila perkosaan tersebut mengakibatkan kematian. Tentunya, dengan memperhatikan fakta-fakta yang ada. Sebab, tindakan tersebut bisa ditafsirkan sebagai pembunuhan berencana.

Kedua adalah hukuman tambahan. Opsinya lebih banyak. ’’Dilakukan kebiri, pemnerian chip untuk memantau pelaku, publikasi identitas, dan hukuman sosial,’’ terang Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani usai ratas. Kedua jenis hukuman itu diharapkan bisa memberi efek jera yang lebih besar kepada pelaku maupun calon-calon pelaku.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan