Posisi Jabar Masih Bisa Disalip, Jateng Menguntit di Posisi Kedua

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Jawa Barat masih mantap di puncak klasemen sementara Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016. Hingga pukul 20.00, Jawa Barat sudah mengoleksi 104 medali emas, 56 medali perak, dan 42 medali perunggu.

peparnas2016Juru Bicara Peparnas Dani Ramdhan mengatakan, Jawa Barat memang kokoh di puncak klasemen. Tapi belum bisa dipastikan apakah Jawa Barat akan jadi juara umum atau tidak.

”Pertandingan masih belum selesai karena masih jauh dari standar untuk bisa jadi juara umum. Artinya, masih banyak kemungkinan yang bisa terjadi,” kata Dani di Media Center Peparnas, Hotel Ibis, Kota Bandung, kemarin (19/10).

Dalam peta perburuan gelar juara umum, Jawa Tengah menurutnya masih berpeluang. Jawa Tengah sendiri saat ini ada di peringkat dua klasemen dengan perolehan 41 medali emas, 38 medali perak, dan 33 medali perunggu.

Papua juga bisa saja tiba-tiba menyalip. Sebab, mereka punya banyak atlet berkualitas. Papua saat ini bercokol di peringkat tiga dengan raihan 22 medali emas, 12 perak, dan 11 perunggu. ”Papua itu luar biasa. Mereka punya pemain dengan bakat alam yang tampil luar biasa di Peparnas ini,” ungkapnya.

Di luar itu, ada Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, dan kontingen lain juga berpeluang saling menyalip satu sama lain. Dia pun memastikan peta perebutan juara umum dan persaingan di papan atas masih akan menarik hingga akhir Peparnas nanti.

Sementara itu di luar pertandingan, secara umum Peparnas juga jadi sesuatu yang menarik bagi publik. Melalui Peparnas, kesadaran publik diharapkan tergugah bahwa ada banyak orang yang memiliki keterbatasan tapi bisa berprestasi.

Melalui kesadaran itu, semua pihak diharapkan memberikan dukungan bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik. Pemerintah daerah pun diharapkan memberikan fasilitas dan dorongan agar para difabel bisa tumbuh menjadi atlet berprestasi. ”Kita ingin membangun kesadaran baru yang kolektif,” tandas Dani.

Sementara itu, kontingen catur Jawa Barat memimpin klasemen perolehan medali Peparnas XV/2016. Ketua Panitia Pelaksana Cabor Catur Darwis Pulungan mengatakan, sementara ini Provinsi Jawa Barat memimpin raihan medali emas di cabor catur pada kelas catur standar perseorangan dan Grup.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan