PKL Kosambi Segera Direlokasi

bandungekspres.co.id, BATUNUNGGAL – Pemerintah Kota Bandung menyiapkan lantai dasar dan lahan parkir depan Pasar Kosambi untuk merelokasi pedagang kaki lima di sekitar wilayah tersebut. Ketua Satuan Tugas Khusus (Satgasus) PKL Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, pemkot Bandung menargetkan relokasi PKL paling lambat minggu keempat Desember 2016.

Menurut Oded, seecara kultur, persoalan relokasi PKL di mana pun hampir sama. Mereka tak ingin dipindahkan jauh dari tempat semula berjualan. Karena ketakutan kehilangan pelanggan.

”Untuk penataan PKL tahun ini, baru Pasar Kosambi. Targetnya beres minggu keempat akhir bulan ini mereka bisa mulai pindah,” kata kepada wartawan di gedung DPRD Kota Bandung kemarin (7/12).

Oded mengungkapkan, awalnya PKL akan ditempatkan dilantai tiga pasar tersebut, namun karena keberatan akhirnya pemkot menempatkan di lantai pertama bawah mesjid.

”Jumlah PKL akan berjualan di pasar tersebut mencapai 160 orang. Dalam relokasi ini kami upayakan gratis, tapi ke depannya pertahun akan dievaluasi kemampuan mereka,” tegas Oded.

Sementara itu, Plt Kasubid Hukum Humas PD Pasar Bermartabat Kota Bandung Fekky Ramdan memaparkan, progres tempat relokasi sudah mencapai pada tahap pengecatan dan pemeluran dasar lantai. Dia mennargetkan rampung beberapa hari ke depan.

”Kita terus progres, besok kita lakukan pengecatan dan dilanjutkan pemeluran lantai dasar,” kata Fekky kepada Bandung Ekspres saat dihubungi.

Fekky mengungkapkan, lahan yang disiapkan terbagi menjadi dua tempat, yakni berada di lantai dasar Pasar Kosambi. Lantai dasar gedung disiapkan untuk sekitar100 PKL dan halaman utama parkir depan akan sanggup menampung 60 para pedagang. Fekky berharap, agar data fix dari kewilayahan harus segera dikirim. Karena pihaknya harus mempersiapkan lahan jikalau ada perubahan data.

”Lokasi baru bagi pedagang di lahan baru, para pedagang akan mendapat tempat seluas 2X1,5 meter persegi,” pungkasnya. (dn/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan