Peran Sentral Wanita Dalam Pembangunan

bandungekspres.co.id, ANDIR – Dalam menanggulangi kemiskinan, Pemerintah Kota Bandung tidak hanya melalui penataan kota peranan masyarakat, tetapi secara khusus juga melibatkan peranan wanita. Salah satu kegiatan yang terus menerus berlangsung dan secara berjenjang jadi perhatian pemerintah adalah lewat  program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS).

Hal itu dikatakan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kota Bandung Dra Entin Kartini di sela penerimaan tim verifikasi P2WKSS tingkat Provinsi di kantor Kelurahan Maleber, Kecamatan Andir, kemarin (2/5).

Entin menjelaskan, upaya mengembangkan sumber daya manusia (SDM), sumber daya alam (SDA) dan lingkungan untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat sejahtera untuk pembangunan masyarakat tak akan pernah terpisah dari peranan perempuan sebagai penggeraknya.

”Saya berharap program P2WKSS  dapat memberi ruang kepada masyarakat untuk membangun diri sendiri dalam bentuk mobilisasi dan pemanfaatan seluruh potensi masyarakat yang difasilitasi SKPD dan tim penggerak PKK,” ujar mantan Sekretaris Dewan tersebut.

Di tempat sama, sebelumnya, Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial menyebutkan program P2WKSS manfaatnya harus dirasakan masyarakat, khususnya wanita dan keluarga.

Dengan merasakan manfaat Program P2WKSS bisa dipastikan masyarakat akan mendukung dan aktif dalam kegiatan pembangunan. Hal tersebut disampaikan saat berikan sambutan dalam penerimaan tim verifikasi P2WKSS tingkat Provinsi di kantor Kelurahan Maleber, Kecamatan Andir.

Menurut Oded, untuk wujudkan pembangunan perlu melibatkan peran wanita. Keterlibatan kaum wanita suatu keniscayaan. Tujuannya, menanggulangi kemiskinan dan kelaparan, mencapai pendidikan pemberdayaan perempuan, mengurangi kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, memerangi penyakit menular, dan  memastikan kelestarian lingkungan hidup.

”Peran wanita dibutuhkan, apalagi sekarang marak pelecehan seksual kepada anak. Kita harus mencegah sebelum menimpa anak kita,” ajak Oded.

Berkenaan dengan hal tersebut, Oded  mengharapkan kegiatan yang melibatkan wanita yang telah dilaksanakan selama ini, dapat meningkatkan kualitas diri kaum wanita.

Harapannya, kaum wanita semakin mampu memberikan kontribusi maksimal dalam mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga dan berperan optimal dalam pembangunan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan