Penutupan Jalan Cihampelas Ditunda, Pengembang Belum Penuhi Syarat Izin

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Pemasangan baja pembangunan skywalk di Jalan Cihampelas akan dilangsungkan selama satu pecan ke depan. Untuk mempercepat proyek ini, pengembang meminta izin penutupan jalan kepada Satuan Lalulintas (Satlantas) Polrestaber Bandung.

Namun, Kanit Dikyasa Satlantas Polrestabes Bandung, AKP Dewi Hotijah menuturkan, penutupan Jalan Cihampelas belum bisa dipenuhi. Sebab, kontraktor belum sepenuhnya melengkapi syarat perizinan.

Pihak pengembang telah menyerahkan surat permohonan penutupan jalan ke Satlantas Polrestabes Bandung pada Rabu (2/11) untuk penutupan Jalan Cihampelas mulai Senin (7/11) hingga Rabu (16/11), pukul 08.00 sampai 17.00 dan pukul 22.00 sampai 05.00.

”Tapi penutupan jalan kami tahan dahulu. Sebab, persyaratan yang kami ajukan kepada pengembang belum dilengkapi oleh pengembang. Jadi (penutupan) belum dilaksanakan,” ujar Dewi di Mapolrestabes Bandung kemarin (7/11).

Dewi mengatakan, untuk melakukan penutupan jalan, pihaknya sudah meminta persyaratan kepada pengembang. Persyaratan yang perlu dilengkapi oleh pengembang itu antara lain pengadaan rambu, petunjuk arah, peta, baliho, sosialisasi baik di media massamaupun di media sosial.

”Kami mengarahkan kalau mau ada penutupan harus ada sosialisasi terlebih dahulu. Sosialisasi juga bukan hanya kepada pengendara, tapi juga perlu dengan pertokoan setempat dan hotel, supata tidak ada yang komplain,” ujarnya.

Polisi akan merumuskan terlebih dahulu rekayasa jalan yang akan dilakukan jika Jalan Cihampelas jadi dilakukan penutupan. Sejauh ini, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polrestabes Bandung belum mengizinkan penutupan jalan lantaran pihak pengembang belum melengkapi persyaratan yang dimintanya.

”Kalau jadi, pemecahan arusnya masih akan dirapatkan terlebih dahulu. Nanti akan kami lihat di lapangan. Kalau masih bisa tidak di contraflow di Jalan Cipagantinya, nanti diarahkan ke Jalan Sejahtera. Tapi nanti, dirapatkan dulu,” ujarnya.

Meski begitu, lanjut Dewi, pihaknya sendiri sudah menyiapkan pasukan untuk nantinya ditempatkan di sejumlah titik di Jalan Cihampelas untuk mengatur lalulintas.

”Kalau keperluan anggota untuk dipenuhi di beberapa titik kami sudah siap. Tapi berhubung persyaratannya belum lengkap, ya belum dilaksanakan,” bebernya.

Menurut Dewi, pihaknya berupaya untuk mengakomodir baik masyarakat pengguna jalan maupun pihak pengembang proyek skywalk.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan