Pengamanan di Gereja Ditambah

bandungekspres.co.id, MEDAN – Ivan Armadi Hasugihan, 18, warga Jalan Setia Budi Medan mendadak menggemparkan. Sebab, pemuda yang di KTP-nya tertulis pelajar/mahasiswa itu berusaha melakukan serangan bom bunuh diri di Gereja Katolik Santo Yosef, Jalan Dr Mansyur Medan, Sumut, Minggu (28/8) pagi.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya saja, si pembawa bom luka-luka kena ledakan sendiri. Sedang Pastor mengalami luka ringan di lengannya.

Informasi diperoleh, sekitar 08.00, jemaat sudah berada di gereja untuk mengikuti ibadah. Setengah jam kemudian, (08.30, Red) Pastor Albret S. Pandingan berdiri di depan mimbar untuk berkutbah.

Tiba-tiba saja, si pembawa bom yang sebelumnya sudah duduk di gereja tersebut, berlari mendekati pastor ke altar. Dia membawa tas ransel dan di tangan lainnya ada sebilah pisau.

Sebelum dia sampai di altar, telah keluar percikan api dari ransel yang dibawanya dan mulai membakar dirinya sendiri. Meski api telah menjilat ransel yang dibawanya, si pembawa bom terus berlari ke arah pastor.

Melihat gelagat mencurigakan, si pastor berlari menghindar dan dikejar  Ivan yang terus menyabetkan pisau di genggaman tangannya ke arah si Pastor.

Umat yang sedang ibadah terkejut melihat aksi itu dan beberapa orang mulai mengejar si pembawa bom dan mengambil ransel yang sudah terbakar. Selanjutnya si pembawa bom diamankan, dan polisi dihubungi. Pastor dan semua umat selamat. Saat ini, si pembawa bom yang mengalami luka-luka sedang diinterogasi oleh polisi.

Menurut Ivan, sang pembawa bom, dirinya tidak beraksi sendiri dalam serangan itu. Dari dalam ranselnya polisi menemukan bom rakitan yang belum meledak, yang dirakit dengan pipa warna kuning, pisau, kampak dan benda-benda tajam lainnya.

Selanjutnya personel dari Den Gegana Team jibom melakukan sterilisasi di gereja Katolik tersebut. Situasinya masih ditangani pihak kepolisian dengan membawa pelaku ke lokasi rumahnya untuk mengecek bahan peledak lainnya.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Agus Rianto mengatakan, saat ini IAH tengah dirawat di rumah sakit setempat dalam pengawasan Polda Sumatera Utara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan