Pemprov Dorong Konsep Kelurahan Kreatif

bandungekspres.co.id, CIREBON – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengklaim, bakal konsen untuk mendorong sejumlah kelurahan dan desa untuk menciptakan terobosan dan inovasi pelayanan kepada masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Provinsi Jabar, MA Afriandi usai menyampaikan sambutan dalam evaluasi perkembangan kelurahan  di depan Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, kemarin (16/5).

”Perlombaan antar kelurahan dan desa tingkat provinsi ini, menurut saya bukan soal perebutan gelar juara saja. Akan tetapi, intinya adalah bisa membuktikan kinerja pemerintah dalam peningkatan layanan publik,” kata Arief yang juga merupakan salah satu tim penilai lomba.

Dia menjelaskan, pembuktian kinerja tersebut bisa dikembangkan dengan peningkatan semangat gotong-royong serta menciptakan terobosan dan inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat. Dalam perlombaan antar kelurahan tingkat provinsi ini, sambungnya, ada delapan indikator yang dinilai oleh tim penilai.

”Kami akan melakukan evaluasi tentang perkembangan kelurahan untuk dijadikan dasar penilian perlombaan Kelurahan Tingkat Provinsi Jabar. Sebab, perlombaan ini sangat cepat sekali berkembangnya, mengikuti perkembangan kelurahan yang cepat juga,” imbuhnya.

Dia menuturkan, dalam proses perlombaan ini, tentunya harus ada wujud nyata bagi kelurahan yang menigkuti lomba. Maka dari itu, evaluasi sangatlah penting untuk melihat sejauh mana capaian dan kesuksesan atas program-program pemerintah hingga terasa di masyarakat. ”Baik itu pembangunan fisik ataupun non fisik,” tambahnya.

Menurutnya, sedikitnya ada 10 kelurahan dan desa dari kota atau kabupaten yang masuk dalam nominasi lomba kelurahan dan desa tingkat Jabar. Dari penilaian tersebut, kata dia, nantinya akan dipilih satu kelurahan atau desa yang mewakili Jabar dalam perlombaan tingkat nasional.

”Kelurahan Kebon Baru Kecamatan Kejaksan yang telah mengekspos berbagai program kegiatan unggulan, baik itu melalui kebijakan atupun program pembangunan nantinya kami akan menilai dari sisi pendidikan, kesehatan, kebersihan dan terobosan dan inovasi apa yang dibuat kelurahan tersebut,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, H Asep Dedi sangat mengapresiasi kepada Kelurahan Kebon Baru Kecamatan Kejaksan yang telah masuk dalam nominasi lomba kelurahan dan desa tingkat Jabar, dan berharap keluarahan yang mewakili Kota Cirebon ini bisa terpilih dalam lomba tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan