Pemkot Sosialisasi Hak Peserta BPJS Kesehatan

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Kesehatan Kota melaksanakan sosialisasi hak dan kewajiban peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tahun 2016 disertai penyerahan Kartu Indoenesia Sehat (KIS) yang bertempat di Aula Gedung A, Komp. Perkantoran Pemkot Cimahi, Selasa (02/08/2016).

Wali Kota Cimahi Atty Suharti mengatakan, pemerintah mulai dari pemerintah pusat, sampai pemerintah kota memiliki tanggung jawab untuk memberikan fasilitas dan pelayanan kesehatan bagi rakyat, sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

”Setiap daerah harus memberikan kontribusi dengan potensi dan strategi masing-masing walaupun secara umum, fasilitas dan pelayanan kesehatan yang diberikan relatif sama,” katanya, saat memberikan sambutan.

Atty pun mengungkapkan kebersaman komponen pemerintah dan komponen masyarakat termasuk para ulamanya, memiliki pemikiran dan gerak yang sama dalam upaya meningkatkan program kesehatan di Kota Cimahi agar penghuni kota memiliki derajat kesehatan yang terus meningkat.

”Di rumah kita, kita jaga lingkungan bersih agar tidak ada nyamuk, untuk terhindar dari DBD, kita saling mengingatkan rumah kita sehat agar terhindar dari penularan TBC, kita buat sanitasi sempurna untuk terhindar dari diare dan kesehatan lainnya, agar kita sehat selalu,” lanjutnya.

Selain itu pelayanan di puskesmas dan rumah sakit daerah terus dibenahi, sebagai upaya perbaikan fasilitas pelayanan, tenaga medis terus ditempa diminta untuk senyum, santai agar  dapat melayani saudara-saudara kita yang miskin dan tidak mampu, dengan demikian  artinya pelayan kesehatan bagi semua.

”Kami dapat menyesuaikan program yang dicanangkan sejak 1 Januari 2014 tentang jaminan kesehatan nasional, dengan harapan pada tahun 2019 seluruh penduduk indonesia akan masuk dalam sistem jaminan kesehatan masyarakat yang dikelola oleh bpjs kesehatan,” katanya

Atty pun menjelaskan bahwa KIS  yang diberikan merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan masyarakat Kota Cimahi yang produktif, sehat, dan sejahtera.

”Besar harapan kami, agar para peserta jaminan kesehatan nasional di Kota Cimahi dapat memanfaatkan fasilitas yang diberikan dengan sebaik-baiknya dan tidak disalah gunakan,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan