Pemkot Cimahi Integrasikan BPJS Kesehatan dan Jamkesda

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Pemkot Cimahi menargetkan pada 2019,  seluruh warga Cimahi sebanyak 594.154 jiwa sudah ikut program BPJS Kesehatan. Sedangkan sampai 2016, baru 401.068 jiwa atau 67, 5 persen warga Kota Cimahi yang menjadi peserta BPJS Kesehatan.

drg Pratiwi MKes Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi
drg Pratiwi MKes
Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi drg. Pratiwi MKes mengatakan, pihaknya punya sisa waktu tiga tahun untuk merealisasikan hal tersebut. Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan asas gotong royong ini sangat tepat, sebab BPJS adalah Asuransi Amanah. Bukti kepercayaan tersebut diwujudkan dengan mengintegrasikan program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) ke BPJS Kesehatan.  ”Sampai saat ini ada 13. 142 jiwa warga kurang mampu yang terdaftar untuk jadi Anggota BPJS tanggungan Pemerintah. Hanya saja pihak Pemerintah menunggu pengesahan dari Dinsos Kota Cimahi. ”Saat ini warga kurang mampu baru 8.199 jiwa yang jadi anggota BPJS tanggungan Pemerintah,” sebutnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, tanggungan biaya warga kurang mampuh ini 60 persen berasal dari APBD Kota Cimahi dan 40 persen dari APBD Provinsi Jawa Barat. Sedangkan warga yang bekerja di perusahaan-perusahaan menjadi tanggung jawab perusahaan tempat di mana ia bekerja.

”Kepercayaan pada BPJS Kesehatan ini juga gayung bersambut dengan pihak swasta, perusahaan dengan APINDO-nya dan Serikat Pekerja sudah duduk bersama memberikan kepercayaan ke BPJS Kesehatan. Begitu juga rumah sakit dan klinik-klinik lainnya yang ada di Cimahi. Tak ada program yang sempurna, sehingga andaikan ada kekurangan dan kelemahan kita benahi dan urus bersama,” pungkasnya.

BPJS Kesehatan Tidak Ribet

BPJS Kesehatan dirasakan sangat bermanfaat tidak hanya bagi para pasien peserta BPJS Kesehatan. Namun manfaat dari BPJS Kesehatan dirasakan juga oleh penyedia fasilitas kesehatan.

dr Lucky Wardani Direktur Klinik Pratama Sehat Budiluhur Cimahi
dr Lucky Wardani
Direktur Klinik Pratama Sehat Budiluhur Cimahi

Menurut Direktur Klinik Pratama Sehat Budiluhur Cimahi Dokter Lucky Wardani, keberadaan BPJS Kesehatan dengan programnya, tidak ribet dalam pengurusan persyaratan. Sehingga masyarakat lebih tertarik untuk memeriksakan kesehatannya. ”Dengan program yang banyak bermanfaat bagi pasien dan tidak ribet dalam persyaratan dibanding dengan asuransi lain,  membuat lebih banyak orang yang berobat ke klinik kami menggunakan BPJS Kesehatan,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan