Pemkot Bandung Segera Konversi Angkot Jadi Bus

bandungekspres.co.id, SUMUR BANDUNG – Pemkot Bandung segera mengkonversi angkutan kota menjadi moda transportasi bus. Dari 4.700 angkot yang ada, baru dua trayek yang akan dikonversi.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, program akan segera dimulai. Namun dia pun mengakui, pihaknya belum melakukan kesepakatan mengenai harga pembelian angkot yang akan dikonversi.

”Yang belum deal adalah masalah harga izin trayeknya. Mobilnya murah, tapi bagaimana dengan izin trayeknya? Saya nggak tahu persisnya, tapi umumnya makin gemuk harganya makin mahal,” kata Didi di Balai Kota Bandung belum lama ini.

Dia tidak yakin kalau para pemilik angkot mau menjual mobilnya saja karena jual beli angkot biasanya melibatkan jual beli trayek. ”Meskipun pada awalnya izin trayek itu tanpa biaya, tapi di lapangan dalam jual beli angkot berlaku hukum pasar. Mau enggak mereka jual mobilnya saja?” kata Didi.

Dia menduga para pemilik angkot jurusan Margahayu-Ledeng ada kemungkinan menolak program konversi ini karena trayeknya menguntungkan. Didi memastikan anggarannya sudah disiapkan Pemkot Bandung.

”Untuk tahun ini anggaran yang disiapkan sebesar Rp 10 miliar, tapi sampai saat ini anggarannya memang belum digunakan,” kata Didi.

Saat ini Dishub Kota Bandung tengah menyusun kriteria angkot yang akan dibeli. Jika para pengusaha angkot setuju pembelian tanpa biaya trayek, maka pembelian akan dilakukan dalam waktu dekat. ”Kita coba dulu. Ketika mobil itu dibeli, trayek dihapus akan dibuat rute baru untuk bus,” jelas Didi.

Sebelumnya, Pemkot akan membeli semua angkot di Kota Bandung yang berjumlah 4.700 unit dari 38 trayek. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kemacetan dan menjalankan program konversi angkot ke bus dengan menggunakan perbandingan tiga angkot untuk satu bus. (bbs/rdr/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan