Peminjaman Pemain Memicu Kontroversi

bandungekspres.co.id – KETIKA membeli pemain baru di bursa transfer musim dingin dirasa terlalu mahal, maka opsi menarik kembali pemain yang dipinjamkan bisa jadi pilihan. Musim ini Juventus dan Chelsea tercatat sebagai suplier pemain terbanyak untuk dipinjamkan dengan jumlah 38 pemain.

Manajer Arsenal Arsene Wenger geram karena merasa dikerjai oleh Chelsea. Bukan hanya disebabkan posisi The Blues, julukan Chelsea, yang lebih baik di papan klasemen Premir League namun juga soal kalah dalam strategi ’mendidik’ pemain.

Musim 2016-2017 memang belum berakhir. Akan tetapi buat musim depan, Chelsea sudah berinvestasi. Yakni dengan memiliki stok pemain pelapis berkualitas dengan cara dipinjamkan ke banyak klub.

Sebagai informasi menurut The Guardian, di antara 38 nama pemain Chelsea yang ’disekolahkan’ musim ini sebarannya sangat luas. Dari liga Turki sampai liga Kolombia. Dari klub elit seperti Juventus hingga klub amatir di Inggris Metropolitan Police pun ada.

Sebut saja Nathan Ake sebagai bek kiri di klub Premier League Bournemouth yang tampil delapan kali musim ini. Arau Mario Pasalic yang bermain sebagai gelandang bersama AC Milan sudah tampil tujuh kali di Serie A. Juga Baba Rahman yang bermain 13 kali bersama Schalke di sektor bek kiri.

Langkah Chelsea ini dilakukan juga oleh raksasa Italia Juventus yang mengirimkan para pemainnya di dalam dan luar Italia. Bianconeri, julukan Juventus, meminjamkan para pemainnya beberapa diantaranya liga Swiss, Rumania, dan Yunani

Nah, Wenger melihat tingginya gairah peminjaman ala klub-klub raksasa serta masifnya gerakan peminjaman ini sebenarnya hanyalah kedok. Bukan sekedar membantu mengatrol peringkat klub tempat mereka menyekolahkan pemain namun juga mendapat keuntungan berlipat di masa mendatang. Khususnya secara finansial.

”Raksasa-raksasa tersebut sudah menanamkan modal sedemikian besar untuk pemain tersebut sejak akademi. Sehingga ketika pemain itu butuh jam terbang buat dimatangkan, dipilihlah klub lain yang menjanjikan bisa tampil regular,” ucap Wenger seperti diberitakan ESPN.

Ditengok dari rata-rata usia pemain yang disekolahkan ke klub lain tersebut berkisar antara 19-23 tahun. Namun ada juga yang berusia di atas 25 tahun. Seperti Loic Remy yang dipinjamkan Chelsea ke Crystal Palace.

Tinggalkan Balasan