Pemdes Cilame Gotong Royong Bersihkan Tanah

bandungekspres.co.id, SOREANG – Hujan yang melanda kawasan Bandung selatan beberapa hari lalu mengakibatkan bencana banjir dan longsor di sejumlah wilayah. Salah satunya longsor terjadi di Kampung Sawahbera, Desa Cilame, Kecamatan Kutawaring. Tebing setinggi 20 meter lebih longsor sehingga akses kendaraan terputus akibat material tanah menutupi badan jalan.

longsoran
IGUN RUCHYAT/BANDUNG ESKPRES

SINGKIRKAN LONGSORAN: Petuga Bina Marga menyingkirkan tanah
yang menutupi badan jalan di Kampung Sawahbera, Desa Cilame

Namun, material longsoran bisa diatasi berkat kerjasama antara warga sekitar, pemerintah desa yang dibantu anggota TNI, dan Dinas Bina Marga yang menurunkan dua alat berat. Dalam waktu relatif singkat, kendaraan sudah bisa melintasi jalan  tersebut. ”Berkat kesigapan dalam berkoordinasi antar warga, pemerintahan desa, anggota Babinmas, Babinsa yang di bantu pihak Dinas Binamarga, akses jalan yang tertutup matrial kembali bisa dilalui kendaraan baik roda dua ataupun roda empat,” Jelas Alo Sobirin, Kepala Desa Cilame kepada Soreang Ekspres (grup Bandung Ekspres) di lokasi longsor kemarin, (1/5).

Menurutnya, karena terkendala alat berat, evakuasi pertama baru membuka akses jalan agar kendaraan bisa melintas. Oleh karena itu, evakuasi material longsoran yang menutupi sebagian jalan akan dilanjutkan Senin (2/5). Apabila akses jalan tersebut tidak segera dibuka, dikhawatirkan akan mengganggu perekonomian warga Desa Cilame, Kabupaten Bandung dan warga dua desa di Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat.

”Jalan tersebut merupakan akses yang biasa dilalui warga untuk menjalankan roda perekonomiannya. Sehingga kami sangat memprioritaskan agar material longsoran yang menutupi badan jalan segera dievakuasi. Alhamdulillah, akses mulai hari ini (kemarin), sudah bisa dilalui kendaraan. Sehingga masyarakat kembali bisa menjalankan aktivitas,” papar Alo.

Dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mengevakuasi material longsoran khusunya kepada Dinas Bina Marga Kabupaten Bandung yang telah menurunkan alat berat loder.

Sementara itu, Dede Sukarsa, Kepala UPTD PU Sapras Wilayah Soreang menuturkan, longsor yang terjadi di Kampung Sawahbera Desa Cilame mengakibatkan putusnya akses kendaraan karena jalan tertutup matrial longsor. Jalan yang menyambungkan kecamatan Kutawaringin-Pasirjambu pun mengalami longsor.

Tinggalkan Balasan