Pembukaan Peparnas Dimajukan

bandungekspres.co.id – UPACARA pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jawa Barat di Stadion Siliwangi Kota Bandung dimajukan. Acara tersebut sesuai jadwal sebelumnya digelar Sabtu (15/10) malam, tetapi diubah menjadi pukul 16.00.

”Untuk memudahkan pelayanan optimalisasi kegiatan bagi para atlet. Awalnya akan digelar Sabtu malam,” kata Wakil Gubernur Jawa Barat H Deddy Mizwar di Bandung, kemarin (10/10).

Perubahan waktu pelaksanaan upacara pembukaan itu telah dimatangkan oleh Bidang Upacara PB PON dan Peparnas XV Jabar yang telah menyiapkan skenario upacara pembukaan dengan menampilkan sesuatu yang berbeda dengan pembukaan dan penutupan PON. Deddy berharap tampilan pada pembukaan nanti menjadi bagian dari kekhasan upacara.

”Pokoknya akan ada sebuah perhelatan yang luar biasa dan khas di sini, bidang upacara telah mempersiapkannya. Ada yang beda pembukaan Peparnas dengan PON, itu pasti signifikan dan jadi sesuatu yang berbeda,” kata Deddy.

Di sisi lain, adanya empat lokasi hajatan pernikahan di sekitar Stadion Siliwangi para Sabtu malam. Hal itu juga menjadi satu di antara pertimbangan di samping untuk memudahkan pelayanan bagi para atlet disabilitas.

Enggak bisa dibayangkan sulitnya akses jalan di sana. Namun bila sore hari maka jauh lebih efektif,” katanya.

Manajer Kreatif Bidang Upacara PB PON dan Peparnas 2016 Jabar, Satria Januar Akbar, menyatakan tim kreatif telah menyiapkan seting perhelatan pada siang hari yang dipastikan akan berbeda dengan malam hari.

”Bila digelar pada malam hari bisa terbantu oleh permainan cahaya, sedangkan untuk siang hari kami akan memaksimalkan kostum full colour,” kata Satria.

Menurut Satria, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 800 penari untuk mendukung upacara pembukaan Peparnas 2016 yang diambil dari sekolah menengah kejuruan (SMK) di Bandung serta dari komunitas penyandang disabilitas. ”Kami akan mengemas dalam sebuah harmoni yang memunculkan semangat Peparnas 2016,” katanya.

Pada kesempatan itu, Satria juga menjanjikan akan ada kejutan-kejutan dalam prosesi yang akan berlangsung selama dua jam dari pukul 16.00 hingga pukul 18.00 yang akan membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan, serta spirit untuk mencetak prestasi pada Peparnas 2016.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan